Kerajinan Miniatur Salatiga Laris Manis

SALATIGA, KRJogja.com- Kerajinan miniatur dari Salatiga ternyata cukup laris manis di tengah pandemi covid19 ini. Salah satu perajin miniatur yang menyalurkan hobinya, yakni Hartanto (47) yang sering dipanggil dengan nama ‘Doel’. Ia membuat kerajinan ini di sela-sela berjualan menjaga toko oleh-oleh khas Salatiga di Jalan Jenderal Sudirman (Jensud).

“Banyak order dan pesanan berdatangan dari luar daerah melalui penjualan online. Setiap bulan bisa menyelesaikan 15-20 miniatur dengan harga berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 600 ribu per buah,” tutur Hartanto Doel kepada KRJogja.com, baru baru ini.

Dia menceritakan, dirinya memulai usaha kerajinan miniatur ini berbeda dengan lainnya, yakni dengan memanfaatkan limbah padat seperti bekas kaleng, korek api dan jenis lainnya untuk dibuat miniatur yang indah. “ Saya membuat miniatur mulai custom motor hingga gerobak dan rumah. Misalnya saja ada juga yang pesan rumah lama dibuat miniatur karena akan direnovasi sebagai kenang-kenangan,” cerita Doel.

Pesanan sebagian banyak dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Depok, Yogyakarta dan kota besar lainnya di luar jawa. Di tengah pandemi virus korona ini, menurut Doel ternyata usaha kerajinannya tidak terdampak, karena pembelinya adalah penghobi semua. “Hasilnya lumayan untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan sehari sehari,” ungkapnya. (Sus)

BERITA REKOMENDASI