Kesbangpol – Kanwil Kemhan Bersinergi Kuatkan Ideologi Pancasila

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah kini bersinergi dengan Kantor Wilayah kementrian Pertahanan (Kanwil Kemhan) Provinsi Jawa Tengah dalam rangka kerjasama penguatan ideologi Pancasila, wawasan kebangsaan, bela negara dan penguatan karakter bangsa.

Kerjasama yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) ini menurut Kakanwil Kemhan Provinsi Jawa Tengah, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Latif Ainul Yakin SE MM cukup strategis dan tepat dalam mengatasi persoalan bangsa, terutama ketahanan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan (Ipoleksosbud hankam) di Jawa Tengah.

“Kami telah siap bersinergi dan mungkin baru terjadi di Jawa Tengah ini yang kerjasamanya dituangkan melalui MoU. Ini akan melapangkan jalan kami juga dalam melaksanakan tugas melakukan upaya-upaya penguatan ketahanan dan pertahanan di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Bahkan sebelumnya Bapak Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo sangat mendukung dan mendesak kerjasama dengan Kementrian Pertahanan RI, dalam hal ini Kantor perwakilan yang ada di Jawa Tengah,” papar Latif Ainul Yakin, Rabu (19/02/2020).

Selama ini menurut Latif Ainul Yakin, Kanwil Kementrian Pertahanan Provinsi Jawa Tengah telah melakukan upaya-upaya pembentukan karakter melalui kegiatan yang melibatkan seluruh komponen, baik pelajar, mahasiswa dan kepemudaan, maupun kelompok masyarakat.

“Kegiatan yang kami gelar umumnya untuk memberikan penguatan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air dan bela negara. Khusus Pelajar dan Mahasiswa ada Forum Parade Cinta Tanah Air (PCTA) dengan anggota mencapai ratusan pelajar dan mahasiswa di Jawa Tengah. Mereka merupakan kader Bela Negara sebagai agen perubahan di lingkungan masing-masing,” papar Latif Ainul Yaqin.

Kanwil Kemhan Provinsi Jateng juga telah melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang memiliki kemampuan dan ilmu pengetahuan untuk menemukan teknologi berdaya guna, diantaranya telah menghasilkan penemuan Kompor Pertalite, hasil rekayasa kompor elpiji menggunakan bahan bakar Pertalite.

“Penemuan kompor ini dilatar belakangi mengurangi subsidi elpiji ‘melon’ di masyarakat. Dengan memanfaatkan BBM Pertalite maka akan mengalihkan subsidi elpiji ‘melon’ dan memberikan kontribusi pengiritan di masyarakat. 1 liter Pertalite bahkan bisa sebanding dengan penggunaan 2 tabung ‘melon’,” ungkap Latif Ainul Yakin.

Penemuan Kompor Pertalite menurutnya merupakan upaya kader-kader Bela Negara yang dibina kantor perwakilannya dalam upaya ketahanan energi. Sementara untuk ketahanan pangan, kader PCTA juga berhasil menciptakan alat semprot hama dan pupuk dengan sistem dorong.

Semua hasil temuan binaan kanwil Kemhan Provinsi Jawa Tengah ini telah mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah. Bahkan beberapa alat semprot dorong sudah diproduksi dan digunakan para petani di wilayah Magelang dan sekitarnya.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Haerudin SH MH dalam silaturahminya di Kantor Wilayah Kemhan Provinsi Jawa Tengah, Papandayan Semarang, Senin (17/02/2020) menyatakan terima kasih atas dukungan kerjasama antara Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah dengan Kanwil Kemhan Provinsi Jawa Tengah.

“Kami sangat terdukung dengan kerjasama ini, terutama dalam hal penguatan Nilai-nilai Pancasila, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, serta pembentukan Karakter di wilayah Propinsi Jawa Tengah. Hal ini tentu erat kaitannya dengan terciptanya iklim kondusif di Jawa Tengah,” papar Haerudin. (Cha)

BERITA TERKAIT