Ketua MA Dikukuhkan Sebagai Gubes Tidak Tetap Undip

SEMARANG,KRJOGJA.com- Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum mengukuhkan Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Dr Muhammad Syarifuddin SH MH sebagai guru besar tidak tetap Fakultas Hukum Undip, Kamis (12/2/2021).

“Kepada sejawat para hakim di seluruh Indonesia, saya berpesan junjunglah tinggi hak asasi manusia. Ketahuilah bahwa hukum itu untuk manusia bukan manusia untuk hukum. Hakim dalam memutus perkara jangan hanya terpaku pada aturan normatifnya saja, tetapi harus berpikir secara holistik dan progresif dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dalam mewujudkan keadilan yang sejati”ujar Prof Dr Muhammad Syarifuddin SH MH.

Dalam pidato ilmiah terkait pengukuhannya berjudul “Pembaharuan Sistim Pemidanaan Dalam Praktik Peradilan Modern: Pendekatan Heuristika Hukum” Prof Muhammad Syarifuddin menyampaikan pula pengalaman panjangnya sebagai hakim (36 tahun) telah membentuk pemahaman pada dirinya kalau penegakan hukum sejatinya sebuah seni yang memerlukan perlakuan khusus dari aktor pelaksananya (hakim).

BERITA REKOMENDASI