Ketua PKH Sita Kartu Penerima,Ada Apa?

KENDAL, KRJOGJA.com – Ada hal aneh terjadi di Desa Tamanrejo Kecamatan Sukorejo, khususnya di dusun Wonorejo. Pasalnya seluruh penerima PKH yang berjumlah 200 orang tidak pernah menyimpan kartunya. Para penerima hanya menerima uang tunai dari ketua PKH setempat tanpa mengetahui saldo yang masih ada.

Ahmad salah seorang warga mengaku sejak diberikan tahun 2017 dirinya hanya menerima uang cash tanpa nota penarikan sehingga dirinya tidak mengetahui saldo dan besarnya bantuan.

Dirinya pernah mau melakukan print out buku tabungannya namun tidak bisa dilakukan karena tidak ada kartu pkhnya. "Saya ingin tau berapa sebenarnya besaran uang yang kami terima apakah sesuai atau tidak, namun tidak bisa kami lakukan karena tidak ada kartunya,"ujar Ahmad.

Dikatakan Ahmad alasan kartu tidak diberikan karena pengurus PKH kawatir hilang, sementara bank yang ditunjuk paling dekat di Kecamatan Sukorejo. "Kartu kami dikumpulkan di ketua PKH karena takut hilang, padahal kami simpan bener kartu tersebut,"lanjutnya.

Sementara itu Ketua PKH Dusun Wonorojo Desa Tamanrejo Kecamatan Sukorejo Rumyanah saat dikonfirmasi mengatakan jika berita dirinya menahan kartu PKH. "Saya tidak menahan kartu PKH, kartu saya ambil hanya saat mau pencairan,"ujar Rumyanah.

Dirinya setiap bulan mengambilkan dana PKH bagi 200 warganya. Hal ini dilakukannya sebagai bentuk tanggungjawab karena letak ATM jauh dari desanya, butuh waktu 1 jam.

Sementara itu aktifis muda Kendal Kuswanto Miggu (26/1) mengatakan jika benar kartu disimpan oleh Ketua PKH karena menyalahi herarki dalam pencairan dana PKH. Semua tahapan tidak dipatuhi karena dana yang seharusnya transparan tidak diterimakan dengan baik. "Jika sampai kejadian penyitaan kartu memang sudah berlangsung lama berarti ada pembiaran terhadap permasalahan ini,"ujar Kuswanto. (Ung)

BERITA REKOMENDASI