Kimia Unimus Terima Hibah LPTK Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Unimus melalui salah seorang dosennya, Fitria Fatichatul Hidayah SSi MPd berhasil mendapatkan hibah atau lolos program “Kemitraan Dosen LPTK dengan Sekolah”.

Hibah ini cukup kompetitif karena dari sedikitnya 465 pendaftar se-Indonesia, hanya 65 yang lolos. Pada kegiatan ini Fitria mengajukan SMA N 15 Semarang sebagai sekolah mitra. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah serta nantinya dosen juga bisa belajar tentang keadaan di sekolah.

“Pada program yang berlangsung Agustus sampai Desember 2021 ini, ada kewajiban harus menggandeng beberapa guru yang ada di sekolah mitra ini. Saya menggandeng 4 guru dan 1 kepala sekolah SMAN 15 Semarang, tepatnya 2 guru Biologi, 2 guru Kimia dan 1 guru Fisika.Harapan dari program ini nantinya ada sinkronisasi apa yang ada di sekolah dengan yang ada di universitas atau Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) karena LPTK juga sebagai pencetak calon guru” ujar Fitria kepada pers, Kamis (2/9/2021).

Menurut Fitria, sekolah mitra berfungi untuk mengetahui gambaran seperti apa para guru sekarang, proses pembelajarannya bagaimana, kesulitannya di mana, yang kemudian bisa dibawa ke tingkat universitas. Dari permasalahan itu nantinya bisa disusun suatu strategi atau model atau media yang bisa membantu guru guru, atau mempersiapkan calon guru lebih siap terhadap proses pembelajaran di masa yang akan datang.

“Kegiatan ini melalui kegiatan lesson study. Kegiatan dilak sanakan secara tatap muka maupun lewat zoom dan pembelajaran ke si swa dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) karena masih pandemi. Semua guru punya kesempatan yang sama, yaitu mereka open class (mengajar) dan guru lainnya memperhatikan atau obervasi serta memberi ma sukan-masukan untuk lebih baiknya pengajaran selanjutnya” tandas Fitria.

BERITA REKOMENDASI