Kodim Semarang Bangun Rumah Warga Tak Layak Huni

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Jumiati (67) janda yang hidup di rumah tak layak huni (RTLH) di Dusun Jabungan Kelurahan Jabungan Kecamatan Banyumanik Semarang sebentar lagi bakal bisa hidup layak setelah rumahnya berhasil direhab oleh Kodim 0733 BS Semarang melalui Program Rehab RTLH. Sebelumnya, rumah Jumiati dalam kondisi rusak parah.

“Bu Jumiati ini menghuni rumah sendirian. Rumahnya dalam keadaan rusak parah dan dari segi kesehatan sangat tidak mendukung. Hidupnya pun sangat bergantung pada bantuan pemerintah dan tetangga. Selain atap dan dinding dalam kondisi tak layak dan berlantai tanah, sanitasinya pun tak memenuhi syarat sebagai rumah sehat,” ungkap Pasiter Dim 0733 BS Semarang, Kapten Inf Dadan S.

Dandim 0733 BS Semarang Kolonel Inf Yudhi Dilliyanto, Senin (03/08/2020) meninjau jalannya rehab RTLH milik Ny Jumiati. Disampaikan Dandim rehab yang sudah dilakukan antara lain pembangunan lantai, kamar mandi, dinding rumah, atap rumah, dapur dan kamar tidur.

Rehab RTLH ini menurut Dandim 0733 Semarang sebagai bentuk kepedulian TNI membantu rakyat, dalam hal ini warga tak mampu yang rumahnya sudah tak layak huni. Rehab RTLH juga membantu Pemerintah Kota Semarang dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan kelayakan hidup warga dari segi kesehatan.

Saat ditinjau, pengerjaan rehab RTLH sudah mencapai 75%. Tampilan depan rumah sudah selesai bahkan sudah dicat paduan warna hijau tua dan hijau muda. Dinding sudah diperbaiki jadi layak dan kuat, kamar dan dapur pun juga tigal penyelesaian.

RTLH ini dikerjakan terpisah dari yang dikerjakan dalam program TMMD Sengkuyung sebelumnya. Dalam Program TMMD kemarin, Kodim 0733 BS Semarang juga telah menyelesaikan pengerjaan Rehab RTLH sebanyak 10 unit di wilayah Kelurahan Kemijen, wilayah Koramil Timur. (Cha)

BERITA REKOMENDASI