Kodim Semarang Sulap Lahan Koramil Jadi Kebun Sayur

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG KRJogja.Com – Kalau butuh sayur, apalagi cabe saat harga mahal, masyarakat tak perlu khawatir. Mereka nanti bisa datang ke Markas Koramil terdekat. Ada lahan di Koramil yang disulap menjadi kebun dengan tanaman sayuran yang bisa dinikmati hasilnya oleh masyarakat sekitar seperti cabe, tomat dan terong.

Hal ini ditegaskan Dandim 0733 BS Semarang Kol Inf Yudhi Diliyanto saat berkunjung ke Markas Koramil 09 Ngaliyan dan meninjau lahan yang dimanfaatkan untuk menanam cabe, tomat dan terong.
“Saya terkejut karena semua tanaman tumbuh subur. Daunnya hijau segar dan buahnya mulai tumbuh sehat. Saya langsung perintahkan seluruh Danramil agar bisa ikuti jejak Koramil 09 Ngaliyan. Meski sudah banyak Koramil yang memiliki kebun, tapi saya lihat di Koramil Ngaliyan ini hasilnya paling memuaskan. Mungkin pengaruh tanah yang subur dan penanganan yang benar serta telaten,” ungkap Dandim, Kamis (20/8/2020) siang.

Kebun Koramil menurutnya perlu digarap serius sebagai upaya mengedukasi masyarakat akan hal ketahanan pahan. “Kalau kita punya tanaman pangan sendiri, maka pada saat terjadi krisis pangan dampaknya tidak akan sangat menyulitkan. Hal yang sering terjadi adalah seringnya terjadi kenaikan harga cabe. Kita semua pusing karena cabe mahal, tapi kalau kita punya di kebun maka tinggal petik. Apalagi kalau punya tanaman cabe, tomat dan terong, pasti masalah lapar akan selesai dengan sambal penyet terong goreng,” kata Dandim disertai kelakar.

Sebulan dua bulan lagi, tanaman di kebun Koramilnya akan membuahkan hasil alias ada yang bisa dipanen. Masyarakat pun bisa menikmati hasilnya. Bahkan sekarang pun menurut Dandim masyarajat juga bisa minta benihbtanaman di Koramilnya. Atau bahkan kalau pingin belajar menanam, para Babinsa bisa memberi pengarahan atau pelatihan.

BERITA REKOMENDASI