Kompetisi Sepeda Listrik, Tim “Ngepit” Polines Raih Juara

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com- PLN Puslitbang Jakarta menggelar kegiatan Innovation and Competition in Electricity (ICE) 2021 untuk ajang kreasi mahasiswa se-Indonesia.

Kegiatan kategori kendaraan listrik tersebut dikemas dalam 5 sub kategori (Motor listrik, Peralatan listrik, Roda Tiga, Sepeda listrik, Mobil Listrik) dengan total peserta 412 tim mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Tim “Ngepit” Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil meraih Juara III untuk sub kategori sepeda listrik. Tim terdiri dari 3 mahasiswa jurusan Teknik Mesin Polines (Akhmat Dwi Mulyo,Imas Alifah, dan Muhammad maulana Ulil Amri) dan 2 mahasiswa jurusan Teknik Elektro Polines (Rozzaaq Sutan Tiennedy dan Ayu Novita Anggraeni) dan dosen pembimbing Ahmad Hamim Su’udy SPd MT (Jurusan Teknik Mesin Polines).

Ahmad Hamim Su’udy kepada pers di kampus setempat, Sabtu (23/10/2021) menyampaikan seleksi dilakukan secara ketat dari bulan Mei hingga Oktober 2021. Seleksi pertama dilakukan pada bulan Mei 2021, dari 412 tim yang mengikuti kegiatan tersebut dipilih 75 tim terbaik dengan setiap sub kategori diwakili 15 tim terbaik. Selanjutnya tahapan seleksi kedua dipertandingkan kembali untuk mendapatkan 25 tim terbaik yang diwakili 5 tim terbaik setiap sub kategori.

Tahap seleksi ketiga, ujar Ahmad Hamim Su’udy, diperoleh 15 tim terbaik dari perwakilan 3 tim terbaik setiap sub kategori. Tahap kompetisi selanjutnya 3 tim terbaik dikompetisikan untuk membuat prototipe dengan bataswaktu satu setengah bulan untuk mendapatkan juara I, II, dan III dari setiap sub kategori.

“Juma’at 22 Oktober 2021 tim juri mengumumkan penilaiannya dan pada sub kategori sepeda listrik Tim Polines mendapat juara III dengan produk prototipe “NGEPIT”. Prototipe ini memiliki keunggulan keamanan saat menghidupkan dan mematikan sepeda listrik menggunkan sistem RFID dengan key card (kunci) berupa KTP atau card lain yang telah diregestrasi” tambah Ahmad Hamim Su’udy.

Lebih lanjut menurutnya, sepeda listrik NGEPIT menggunakan motor 350 Watt, dengan Baterai Lithium 48 Volt dan kendaraan ini membutuhkan waktu 3 jam saat pengecasan full, dengan jarak tempuh maksimal 35 KM” ujar Ahmad Hamim Su’udy.

Direktur Polines Prof Dr Totok Prasetyo BEng (Hons) MT IPU ACPE menyampaikan rasa dukungan sekaligus apresiasi tinggi pada prestasi Tim Ngepit yang berhasil meraih Juara III untuk kategori prototipe sepeda listrik. Direktur berharap prestasi tersebut semakin meningkat di tahun tahun mendatang serta bisa menjadi pemacu mahasiswa Polines lainnya untuk senantiasa berkreasi, berinovasi, dan berprestasi.(Sgi)

BERITA REKOMENDASI