Konser Amal Galang Dana Kemanusiaan untuk Rohingya

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Sejumlah lembaga Kemanusiaan Nasional diantaranya Pos Kemanusiaan Peduli Ummat (PKPU), Aksi Cepat Tanggap (ACT), Crisis Center For Rohingya (CC4R), IZI, Lazis Jateng, Rumah Zakat, Solusi Zakat dan lain-lain menggelar konser amal kemanusiaan bertajuk 'Bersama Mendekap Rohingya', Sabtu (30/09/2017) malam. Konser Amal digelar di Hall UTC Hotel Semarang dengan menghadirkan Tim Nasional skala Nasional dan Lokal, diantaranya Bintang Jikustik, Teddy Snada dan Kayyis Rastaline.

Koordinator penyelenggara, Miftahul Surur mengungkapkan konser digelar dalam rangka menggalang amal bagi masyarakat Rohingya yang sekarang hidup di pengungsian. "Sebagaimana kita ketahui masyarakat Rohingya kini menjadi menjadi masyarakat tertindas dan terusir dari negerinya sendiri,” jelasnya disela kegiatan.

Diungkapkannya, PBB merelease jumlah pengungsi di Camp Cox's Bazar berjumlah 480 ribu orang. Jumlah tersebut belum termasuk para pengungsi di desa-desa yang terisolir di provinsi Rakhine Myanmar yang diperkirakan lebih dari 180 ribu orang. “Di kota Sittwe juga banyak pengungsi yang telah meninggalkan kampung halamannya sejak konflik pecah tahun 2012", tambahnya.

Untuk bantuan ke Cox'Bazar Bangladesh, Miftahul menyatakan pihak PKPU telah mengirimkan 2 tim yang mempunyai misi awal untuk mengirimkan bantuan logistik terutama bahan pangan. Lebih dari 25 ton bahan pangan telah didistribusikan kepada pengungsi Rohingya di Bangladesh, sedangkan di Rakhine State, PKPU terus membantu membangun shelter (rumah darurat) untuk para pengungsi.

“Pada konser kali ini ditargetkan hadir 1.000 penonton yang juga akan berpartisipasi dalam solidaritas amal untuk Rohingya wujud cinta dari masyarakat Indonesia,” punkasnya. (Cha)

BERITA REKOMENDASI