Koramil Putar Tiap Hari, Film G30S/PKI Diminati Warga

SEMARANG KRJOGJA.com – Koramil Gunungpati Semarang hampir setiap hari melayani warga di wilayahnya untuk menyediakan film Pengkhianatan G30S/PKI.

"Setiap hari markas kami kedatangan masyarakat yang ingin mendapatkan copy film pengkhianatan G30S/PKI seperti yang di putar di beberapa daerah. Bahkan ada pula yang meminta kami menggelar nonton bareng di wilayah mereka. Kami pun tak keberatan dan lanngsung perintah ke para Babinsa akanengatur persiapan dan kelengkapannya," ungkap Wadanramil Gunungpati Kapten Inf Susanto, Jumat (29/9/2017) siang saat menghadiri nonton bareng bersama ratusan pelajar SMAIT Bina Amal, Gunungpati Semarang.

Menurutnya hampir semua sekolah yang ada di wilayah Koramilnya sudah memutar film tersebut, meski versi durasi pendek yang telah diedit adegan kekerasan yang terlalu vulgar.

Jumlah penonton terbanyak mencapai 15.000 tatkala digelar di akhir pengajian yang dipimpin Ust M Muzammil MZ di Desa Kandri, Kamis (28/9/2017) malam.

Kepala SMAIT Bina Amal, Setiawan SPd menyatakan pentingnya siswa belajar dan memahami sejarah perjuangan bangsanya. Termasuk mengthui sejarah kelam pemberontakan dan kekejaman PKI. Tujuannya agar ke depan peristiwa tersebut jangan terulang kembali.

"Kekejaman atau kebiadaban jangan dibiarkan tumbuh dan berkembang di Indonesia. Cukup peristiwa itu yang terakhir. Jangan pernah ada dan terulanh lagi. Karenanya dengan menonton film tersebut setidaknya generasi muda dapat mengenali pola-pola gerakan PKI, sehingga kita semua dapat mewaspadainya agar tidak bangkit lagi," ujar Setiawan SPd.

Dandim 0733 BS Semarang Letkol Inf M Taufiq Zega pun memerintahkan para Danramilnya untuk mengcopy sebanyak-banyaknya film dalam beberapa versi, sehingga bila ada yang membutuhkan bisa langsung mendapatkannya.(Cha)

 

BERITA REKOMENDASI