KPK Minta Tuntaskan Sertifikatkan Tanah Aset Daerah

Editor: Agus Sigit

SALATIGA, KRJogja.com- Direktorat III Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Uding Juharudin meminta Pemkot Salatiga bersikap serius mensertifikatkan semua tanah aset daerah.

Pernyataan ini ditegaskan, Uding saat rapat monitoring dan evaluasi capaian pencegahan korupsi tematik pemerintah Kota Salatiga di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Jumat ( 17/09/2021).

Uding Juharudin menjelaskan bahwa selain rombongannya ada tim lain yang sedang survey di lapangan. Ada beberapa objek yang kita kunjungi, misal rumah makan dan hotel terkait pembayaran pajaknya. KPK hadir ke daerah untuk mendampingi pemda agar mampu melakukan pencegahan korupsi. Selain itu juga melakukan kegiatan pendampingan berbasis tematik.

Kegiatan tematik yang dijalankan KPK adalah program penyelamatan keuangan dan aset daerah berupa program sertifikasi aset ( penganggaran), pengamanan, dan percepatan sertifikasi, penyelesaian aset bermasalah (pemekaran, P3D, sengketa dengan pihak ketiga). Kemudian, optimalisasi pemanfaatan aset daerah, penyelesaian piutang pajak dan inovasi peningkatan pajak daerah.

“Kami KPK siap menjadi mitra yang mendampingi jika ada permasalahan aset yang dihadapi pemda,” tegas Uding Juharudin.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto, meminta bimbingan agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik. semoga kehadiran KPK bisa membawa manfaat bagi penyelenggaraan pemerintahan di Kota Salatiga agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Sus)

 

BERITA REKOMENDASI