KPU Salatiga Coret 237 Pemilih

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga mencoret 237 pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) yang masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) Pilgub Jateng 2018. Pemilih yang dinyatakan TMS terdiri dari 117 laki-laki dan 120 perempuan diketahui dalam uji publik DPS Pilgub 2018 Kota Salatiga.

Komisioner KPU Kota Salatiga Syaemuri Albab mengatakan pemilih tidak memenuhi syarat terdiri dari pemilih yang telah meninggal dunia, pemilih yang nomor induk kependudukan (NIK)-nya tidak sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Pemilih yang tidak memenuhi syarat akan dicoret dari daftar pemilih Pilgub 2018. “Ratusan pemilih TMS ini akan kami coret,” tandas Syaemuri Albab, Kamis (05/04/2018).

KPU juga memproses laporan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga yang menyebutkan telah menemukan pemilih ganda sebanyak 92 orang, NIK pemilih ganda 30 orang, pemilih di bawah umur 3 orang. Selainitu juga pemilih yang sudah meninggal dunia 67 nama, pemilih yang perlu perbaikan identitas 3 nama, pemilih pindah domisili 11 orang dan pemilih yang belum terdaftar sebanyak 7 orang.

“Bagi pemilih yang belum terdaftar sebagai daftar pemilih, bisa menggunakan hak pilihnya dengan syarat sudah memiliki e-KTP atau telah melakukan perekaman data dan mengantongi surat keterangan pengganti sementara e-KTP," tegasnya.

Ketua KPU Kota Salatiga Putnawati mengimbau kepada semua warga Salatiga yang telah berusia 17 tahun ke atas atau sudah memiliki hak pilih yang belum memiliki e-KTP segera mengajukan permohonan penerbitan e-KTP ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Hal itu penting agar mereka dapat menggunakn haknya dalam pilkada mendatang.

"Berdasarkan data yang kami miliki ada 525 orang yang belum melakukan perekaman data. Kami imbau untuk segera melakukan perekaman data untuk penerbitan e-KTP dan mendapatkan surat keterangan dari dukcapil apabila meterial e-KTP belum jadi sehingga tetap bisa menyoblos," katanya. (Sus)

BERITA REKOMENDASI