KSAD Optimalkan 95 RST Tangani Pasien Covid

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJogja.Com – KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memgungkapkan, TNI AD melalui 95 rumah sakitnya di seluruh Indonesia, telah intensif sejak awal 2020 menangani pasien Covid-19. Baik saat pandemi datang di gelombang pertama maupun kedua, TNI AD telah berusaha mengelolanya secara nasional. Penanganan tersebut dimaksudkan agar pelayanan di rumah sakit bisa maksimal.

“Jika dibiarkan, takutnya akan ada rumah sakit yang kewalahan karena perbandingan antara jumlah kasus positif Covid-19 dengan jumlah tes yang dilakukan positivity rate antar daerah berbeda-beda. Ada suatu rumah sakit yang penuh, namun ada juga yang lowong. Inilah yang coba dikelola dengan manajemen yang baik,” jelasnya kepada wartawan saat mengunjungi RST Bhakti Wira Tamtama Kesdam IV Diponegoro, Kamis (29/7/2021).

Dicontohkan KSAD, kebutuhan dokter umum, perawat, hingga spesialis patologi klinik di laboratorium PCR, diambil dari rumah sakit daerah-daerah lain dan disalurkan kepada rumah sakit yang mengalami positivity rate tinggi. Misalnya saja dari rumah sakit Palembang dan Makasar, kemudian dibawa ke rumah sakit yang sedang banyak pasiennya. Belum lagi untuk obat-obatan. Kejadian seperti mengambil tenaga dari rumah sakit di Jawa Timur dan Jawa Barat untuk dikirim ke Jawa Tengah, sementara untuk Jawa Tengah kirim oksigen ke Jawa Timur dan seterusnya, sudah berlangsung selama ini. Hal tersebut, tutur KSAD, merupakan salah satu alasan mengapa perlunya mengikuti proses penanganan Covid-19 ini secara terus-menerus.

BERITA REKOMENDASI