Laboratorium Alam Inovasi Siapkan Generasi Cinta Lingkungan

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri SH MM mengapresiasi semangat Keluarga Besar Sekolah Kebon Dalem Semarang dalam melahirkan inovasi pendidikan karakter melalui pembangunan Laboratorium Alam di daerah Durenan Tembalang Semarang yang peletakan batu pertamanya dilakukan Kamis (24/06/2021).

“Ini sebah inovasi yang patut diapresiasi dalam rangka menyiapkan generasi mendatang yang lebih peduli terhadap lingkungan dan alam. Laboratorium alam ini diharapkan bisa memberikan pengalaman yang luar biasa kepada siswa-siswi dari taman Kanak-kanak, SD, SMP hingga SMA yang menempuh pendidikan di Kampus Kebon Dalem ini. Sehinggaa ini akaan mempengaruhi masa depan, dimana akan tercipta suatu generasi yang berpihak pada alam dan lingkungan. Harapannya akan menyelamatkan dunia dari potensi-potensi yang mengganggu kesimbangan alam,” ujar Gunawan Saptogiri usai meletakkan batu pertama di lahan seluat 5.000 meter.

Pembangunan Sarana Laboratorium Alam ini menurut Sr Krista Y Susilawati PI SSos MA, wakil Yayasan Penyelenggaraan Ilahi (YPI) Indonesia merupakan usaha pengelola Sekolah Kebon Dalem mewujudkan konsep dan cita-cita pendiri Kongregasi Suster-suster Penyelenggaraan Ilahi Partur Eduard Michelis. Harapannya agar tetap tumbuh generasi yang memiliki kepedulian terhadap alam. Sebab alam yang merupakan ciptaan Tuhan ini perlu juga dirawat karena telah memberikan berbagai manfaat sepanjang masa.

Alam menurut Sr Krista juga sebagai sumber dari ilmu. Oleh karena itu melalui Laboratorium Alam ini para siswa-siswi akan mendapatkan pengalaman dari alam yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sr Maria Dwi Nurwaningsih PI SPd, salah satu Kepala Sekolah di Kebon Dalem menambahkan bahwa konsep Laboratorium Alam Kebon Dalem nantinya merupakan alam terbuka dengan bangunan-bangunan rumah khas daerah yang ada di nusantara, termasuk ada bangunan joglo jawa dan rumah beratap rumbai layaknya yang lazim di daerah Indonesia Timur, atau Papua.

“Rencananya akan dilengkapi dengan sawah, kebun aneka tanaman obat, kebun buah-buahan, taman satwa, sumber mata air dan pengolahan sampak organik. Semua itu akan menjadi obyek pengalaman siswa-siswi di sini,” ucap Sr Maria Dwi Nurwaningsih PI SPd.

Menurut rencana pembangunan Laboratorium Alam Kebon Dalem ini akan selesai paling cepat akhir Januari 2022. (Cha)

 

BERITA REKOMENDASI