Lasem Diusulkan Sebagai Kota Cagar Budaya

Editor: Ivan Aditya

REMBANG (KRjogja.com) – Sebanyak 243 bangunan dan benda bersejarah di Kecamatan Lasem,Rembang sudah terdaftar di balai pelestarian cagar budaya di Jakarta dan siap untuk dilakukan verifikasi oleh benda bersejarah dan kepurbakalaan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah Tri Hartono saat berkunjung ke Lasem, Sabtu (10/12/2016).

Menurutnya, Kabupaten Rembang mempunyai banyak sekali benda dan bangunan serta tempat bersejarah yang patut dijadikan aset cagar budaya. Kecamatan Lasem, disebut Hartono sebagai salah satu Kecamatan yang mempuanyai aset terbesar terhadap banyaknya benda dan bangunan yang bernilai sejarah, dan sudah banyak ditemukan keberadaannya.

"Kalau yang di Lasem itu, seperti yang disampaikan ada 243 bangunan, yang sudah didaftarkan. Kemudian dari tim ahli itu yang akan menentukan apakah, masuk cagar budaya atau tidak" tutur Hartono.

Sebelum Rembang, Balai Pelestarian Cagar Buda Provinsi Jawa Tengah, sudah memberikan tiga penghargaan kepada tiga Kabupaten se-Jateng, terkait pelestarian cagar budaya. Diantaranya, Kabupaten Surakarta, Kabupaten Semarang, dan Kodya Salatiga.

Menurut Undang-undang No 11 tahun 2010 tentang cagar budaya, kewenangan untuk menetapkan sebuah kawasan atau benda sebagai cagar budaya merupakan kewenangan dari Bupati atau Walikota. (Ags)

BERITA REKOMENDASI