LazizMu Jateng Serahkan Bantuan Peralatan Siaga Bencana

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com- Dalam rangka penanggulangan bencana, Lembaga Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (LazisMu) Jawa Tengah bekerja sama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Tengah. Kegiatannya tidak hanya merespon pada saat terjadinya bencana dalam bentuk penyelamatan korban saja, tetapi juga dimulai dari tahap preventif, mitigasi, kesiapsiagaan sebelum bencana, saat terjadi bencana berupa emergency response dan pasca bencana dalam bentuk rehabilitasi dan rekonstruksi.

Untuk itu MDMC Jawa Tengah siaga dalam menyediakan peralatan emergency kesiapsiagaan bencana berupa 10 unit tenda, 15 unit dayung, 2 unit mesin perahu, 1 unit mobil L300, 1 unit mobil tanki air, serta 4 unit perahu yang terdiri dari 2 perahu alumunium dan 2 perahu katamaran.

“Pembelian peralatan didukung dana sepenuhnya dari LazisMu Jawa Tengah dengan total senilai 1 milyar rupiah. Peralatan emergency tersebut nantinya diserahkan kepada MDMC di masing-masing daerah di Jawa Tengah dengan skala prioritas daerah dengan resiko bencana tertinggi. Mobil tanki air misalnya diserahkan ke Soloraya, perahu diserahkan ke Sragen, Pati, Semarang dan MDMC Wilayah. Mobil L 300 diserahkan ke MDMC Wilayah serta tenda diserahkan ke MDMC Wilayah, Kota semarang, Kabupaten Pekalongan, Brebes, Banyumas, Wonosobo, Kabupaten Magelang, Klaten, Karanganyar, Pati” ujar Direktur LazizMu Ikhwanusoffa pada upacara penyerahan peralatan dari Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Drs Tafsir MAg kepada Sekretaris MDMC Jawa Tengah Istanto dan Ketua Bidang Tanggap Darurat MDMC Jateng Chairil Anam di markad MDMC di jalan Singosari, Selasa (26/10/2021).

Ketua PWM Jawa Tengah Drs Tafsir MAg menyampaikan apresisasi kerjasama sinergi antara LazizMu dengan MDMC Jateng yang mengumpulkan dana dan menyediakan peralatan tanggap bencana. LazizMu sebagai “fund raising” dana dari para donator dan muzakki kemudian mengupayakan peralatan dengan spek sesuai arahan MDMC yang paham bidang kebencaan, termasuk distribusi peralatan pihak MDMC yang mengaturnya. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI