LDII Bentuk Pramuka Berbasis Masjid

KENDAL, KRJOGJA.com – Gerakan Pramuka merupakan salah satu media kegiatan yang digunakan Lembaga Dakwah Islam Indonesia ( LDII untuk menghadilkan generasi yang siap berkontribusi pada bangsa sesuai perkambangan jaman. 

Satuan pramuka bentukan dan binaan LDII itu dinamakan Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara atau disingkat Sako SPN. Setelah terbentuk di tingkat nasional maka untuk tingkat  DPW LDII Jawa Tengah terbentuk dan tidak lama membuat pelatihan Sako Sekawan Pramuka Persada Nusantara di DPD LDII Kabupaten Kendal Minggu (25/8).

Ketua Satuan Komunitas Pramuka Daerah (Sakoda) Sekawan Persada Nusantara DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Jateng  Eko Sutanto kepada KRjogja.com mengatakan gerakan pramuka adalah pilihan tepat karena sudahcukup lama dan merupakan media yang cukup mudah untuk mengaktualisasi dalam penanaman karakter kepada anak.

"Pramuka itu selain belajar juga bisa bermain dan yeng terpenting kita tidak sadar saat sedang ada materi permainan disitu sebenarnya kita sedang dilatih untuk kemandirian dan juga kejujuran,"ujar Eko.

Penyampaian yang mengasikan mambut LDII memilih gerakan pramuka untuk memberikan pelajaran tambahan untuk berorganisasi yang saat ini berbasis Masjid. "Pramuka di masjid bisa dikatakan sangat jarang, TPQ kami yang ada di masjid-masjid sudah kami instruksikan untuk menjadi gerakan wajib disela-sela belajar mengaji,"lanjutnya.

Pelatihan yang digelar diharapkan bisa menjadi sarana untuk memberikan pelatihan kepada tingkatan dibawahnya.

"Pramuka mempunyai kurikulum dan tingkatan atau jenjang organisasi yang jelas dan sudah terprogram, untuk itu kami tidak lama dinerikan SK begitu berencana akan membentuk pramuka. Saat ini baru delapan Sakoda yang terbentuk sedangkan Sakocab baru ada 6 yaitu Kota Semarang, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pemalang, Kabipaten Magelang dan Kabupaten Blora. Untuk Sakoda yang dalam proses pementukan adalah Kabupaten Semarang dan KabupatenPekalongan. Sementara itu yang sedang menunggu pengukuhan adalah Kabupaten Batang. (Ung)  

BERITA REKOMENDASI