Lebaran, Delapan Juta Wisatawan Diprediksi Bakal Sambangi Jateng

SEMARANG, KRJOGJA.com – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah (Jateng) memprediksi, sekitar delapan juta wisatawan akan datang berkunjung selama momen libur lebaran dan rehat sekolah kali ini. Sejumlah titik wisata pun telah disiapkan.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, pada Disporapar Jateng, Prambudi menyebut, pihaknya sudah menyiapkan destinasi wisata di 35 kota/kabupaten di Jateng. Dari sekian banyak destinasi wisata, menurutnya akan ada beberapa titik yang nantinya akan diserbu wisatawan.

“Prediksinya ada 4,5 juta kendaraan. Kalau mobil saja ada dua juta unit, sudah berapa? Pasti ada lebih dari delapan juta wisatawan datang,” kata Prambudi saat dalam keterangannya, Sabtu (16/6/2018).

Kemudian, untuk titik-titik yang diprediksi menjadi serbuan para wisatawan, Prambudi menyebut empat lokasi. Diantaranya, Candi Borobudur, Sangiran, Dieng dan sekitarnya, serta Karimunjawa.

Maka dari itu, lanjut Prambudi, pihaknya juga telah membentuk dan menerjunkan satuan khusus agar kenyamanan dan keselamatan wisatawan dapat tetap terjamin. “Semua sudah kami koordinasikan dengan pemerintah daerah setempat maupun pusat,” sambungnya.

Untuk puncak datangnya para wisatawan sendiri, menurut prediksi Prambudi dan jajarannya, adalah hari ini, Sabtu (16/5) dan Minggu (17/6) besok. Walau demikian lanjutnya, wisatan diprediksi akan terus ada sampai tradisi Syawalan di beberapa daerah berakhir.

“Kemarin sudah ada pemerintah daerah yang melapor kalau mereka akan membuat acara pada perayaan Syawalan, seperti di Kendal itu. Intinya, kami akan terus bersiaga sampai syawalan usai,” tandasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI