Lomba Orkes Keroncong Jateng

SEMARANG (KRjogja.com)- Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (HAMKRI) Kota Semarang berencana menggelar Lomba Orkes Keroncong (OK) Tingkat Jawa Tengah, Sabtu (24/09/2016) di Wisma Perdamaian Jawa Tengah.

Kegiatan ini menurut Ketua Panitia, Setiyanto merupakan ajang bergengsi bagi kiprah pemerintah kota dan kabupaten dalam melakukan pembinaan terhadap seni musik keroncong di wilayah masing-masing."Selama ini Surakarta dan sekitarnya menjadi kiblat keroncong karena seringnya muncul sebagai juara dalam perlombaan. Hal tersebut tidak lepas dari peran pemerintahnya dalam melestarikan dan mengembangkan keroncong. Ajang lomba ini juga sebagai bentuk kompetisi pembinaan pemerintah daerah dalam membina keroncong hingga layak terpilih sebagai penampil terbaik atau juara", ungkap Setiyanto.

Hingga kini, Senin (08/08/2016) menurut Setiyanto sudah ada 8 grup Orkes Keroncong yang mendaftar sebagai peserta. "Yang pertama dari Surakarta, disusul Klaten, Salatiga, Temanggung, Purbalingga, Semarang dan Pati. Setiap Kota sudah ada yang mendaftarkan 2 grup", ungkap Setiyanto.

Secara rinci grup yang telah mendaftar antara lain OK Tetap Segar Semarang, OK HAMKRI Selection Semarang, OK Gema Buana Surakarta, OK Puspita Rama Pati, OK Bintang Swalayan salatiga, OK Sedap Malam Temanggung, OK Nadia Dei Purbalingga, OK Nusa Indah Klaten, OK Cokro Kembang Klaten dan OK Famoso Klaten.

Materi lagu yang dibawakan jenis Keroncong dan Stambul. Adapun judul lagu keroncong pilihannya, Kr Segenggam Harapan (Budiman BJ), Kr Bhakti (Ismanto), Kr Patorale (Kusbini) Kr Senyuman Chandra (Sunarno) dan Kr Fajar Pagi (Sapari). Sedangkan Stambul, Stb II Kecewa (NN), Stb II Kasih (Samsidi), Stb II Patah Sebelum Sampai (Budiman BJ), Stb II Jauh Dimata (Ismail Marzuki) dan Stb II Kenanganku (Sapari).  Untuk instrumentalia bebas. (Cha)

 

BERITA REKOMENDASI