Longsor Ancam Tujuh Wilayah di Salatiga

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Tujuh wilayah kelurahan di Kota Salatiga dipetakan berpotensi terjadi bencana tanah longsor memasuki musim hujan. Demikian diungkapkan Kepala Satpol PP Salatiga.Yayat Nurhayat kepada KR, Rabu (25/12/2019).

Ketujuh wilayah kelurahan tersebut adalah, sebagian Kelurahan Blotongan, Sidorejo Kidul,  Kutowinangun Lor, Kelurahan Bugel, Kelurahan Randuacir, Kelurahan Kumpulrejo dan sebagian Kelurahan Kutowinangun Kidul. "Ketujuh wilayah kelurahan tersebut berpotensi bencana tanah longsor karena sebagian wilayah ini geografisnya berbukit," jelas Yayat Nurhayat.

Sedangkan wilayah yang rawan bencana angin puting beliung juga  berada di wilayah Kelurahan Blotongan dan Kelurahan Sidorejo Lor. Dua wilayah ini pernah diterjang angin puting beliung dua kali di tahun 2012 dan 2015 memgakibatkan ratusan rumah rusak.

Sementara untuk kekeringan yang sampai saat ini masih perlu diperhatikan adalah berada di dua kelurahan, yakni Randuacir dan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo. 

Meski demikian menurut Yayat, wilayah Salatiga secara keseluruhan hanya memiliki potensi bencana berskala kecil dan relatif aman. Hampir tidak terjadi bencana besar.

Terkait dengan gempa, di Kantor Satpol PP Salatiga telah dipasang alat deteksi dini dari BMKG Banjarnegara. (Sus)

BERITA REKOMENDASI