LP2M Unwahas-LP2M IPMAFA Pati Jalin Kerjasama

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kerjasama Perguruan Tinggi (PT) dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan mutlak dilakukan. Juga dalam rangka membangun jejaring (network) antar perguruan tinggi melalui penelitian dan pengabdian yang terwujud lewat luaran yakni di jurnal-jurnal ilmiah kini mutlak dilakukan.

“Untuk itu kami menyambut baik kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang dengan LP2M Institut Pesantren Matholiul Falah (IPMAFA) Kajen Pati” ujar Wakil Rektor 4 Unwahas Dr Helmy Purwanto ST MT didampingi Ketua LP2M Unwahas Dr Ali Martin SIP MSi saat menerima kunjungan dari IPMAFA Pati di kampus Unwahas, Kamis (10/2/2022).

Kunjungan LPPM IPMAFA (Institut Pesantren Matholiul Falah/STAIMAFA) Kajen Pati dipimpin oleh M Sofyan AlNashr MPd.

Ketua LP2M Unwahas Dr Ali Martin SIP MSi menambahkan kerjasama dalam bentuk penandatanganan Kerjasama (MOA) dilakukan kedua perguruan tinggi tersebut untuk penguatan dan peningkatan di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta jurnal publikasi ilmiah bagi kedua perguruan tinggi.

“Terlebih dengan adanya Rumah Jurnal Unwahas nantinya dapat menjadi tempat bersama untuk melakukan penelitian bersama baik joint seminar, Reviewer kedua belah pihak juga penelitian dan pengabdian kolaborasi antar dosen Perguruan tinggi masing-masing tersebut . Kegiatan penelitian dan pengabdian serta publikasi ilmiah terus akan digenjot dan dimungkinkan untuk naik pemeringkatan, termasuk jurnal-jurnal ilmiah dengan kenaikan peringkat Sinta pada jurnal-jurnal tersebut ke depan” kata Dr Ali Martin SIP MSi di sela-sela penandatanganan kerjasama antar LP2M Unwahas dan LPPM IPMAFA Pati yang kini dipimpin Rektor Gus Dr Rozin Sahal Mahfudz.

Ketua LPPM IPMAFA M Sofyan AlNashr menyampaikan terimakasih dan keinginan yg kuat bagi peneliti-peneliti dosen-dosen IPMAFA yang memiliki basis kultural kajiannya tidak berbeda dengan Unwahas. Jika di IPMAFA ada karya-karya Mbah KH Sahal Mahfudz almarhum (Rois Aam PBNU lalu) di Unwahas juga ada kajian-kajian klasik manuskrip Islam Nusantara. Sehingga benchmarking yang dilakukan ini bisa memberi manfaat bagi institusi dalam manajemen pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ke depan.

Usaoli MOU, acara dilanjutkan dengan dialog tanya jawab terkait manajemen pengelolaan jurnal, penelitian dan pengabdian serta publikasi ilmiah. Dilanjutkan tukar menukar Jurnal dan cinderamata serta diakhiri dengan sesi foto bersama. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI