LPPM Unimus Gelar Semnas Penelitian dan Pengabdian

Editor: Agus Sigit

UnimusSEMARANG,KRJOGJA.com- Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menggelar Seminar Nasional secara online Kamis (25/11/2021) dan disiarkan secara langsung dari melalui aplikasi Zoom dan Youtube Streaming, sebagai bentuk dukungan penuh bagi akademisi dan praktisi untuk mendiseminasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan.

Seminar mengangkat tema “Inovasi Riset dan Pengabdian Masyarakat Post Pandemi Covid – 19, Menuju Indonesia Tangguh dan Tumbuh”. Dengan harapan meskipun dilaksanakan secara online dapat menjadi sarana pengembangan kapasitas keilmuan akademisi Indonesia.

Hadir dalam kegiatan seminar di antaranya Rektor Prof Dr Masrukhi MPd, Wakil Rektor I Dr Budi Santoso MSi Med, Kepala LPPM Dr Ir Purnomo ST Meng dan ketua pelakzana seminar yang juga Sekbid Publikasi, HaKI, dan Penerbitan Eko Yulianto SPDSi MPd. Seminar diikuti 450 peserta dari Akademisi dan Praktisi yang tersebar dari seluruh Indonesia dengan menggandeng narasumber yang berkopeten yakni Pakar Teknologi Digital Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yaitu Anton Yudhana MT PhD dan Pakar Ekonomi dan sekaligus Wakil Rektor II Unimus Dr Hardiwinoto MSi.

Selain sebagai sarana diseminasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat di berbagai bidang ilmu, kegiatan seminar nasional tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah publikasi nasional bagi akademisi & praktisi pada penelitian dan pengabdian masyarakat. Meningkatkan kerja sama antar peneliti dari berbagai institusi sekaligus menjadi media publikasi bagi akademisi indonesia, dan sebagai sarana untuk membangun kemandirian penelitian dan pelaksanaan kegiatan masyarakat dalam berkarya dimasa pandemi.

Pada tahun 2021 ini merupakan kali kedua kegiatan seminar nasional ini dilaksanakan secara online. Sementara itu melihat arah kebijakan pemerintah yang mengacu pada kemajuan progres keilmuan yang positif yakni penanganan covid – 19, maka diambillah topik “Inovasi Riset dan Pengabdian Masyarakat Post Pandemi Covid – 19, Menuju Indonesia Tangguh dan Tumbuh”. Dari topik tersebut selain untuk meningkatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, juga untuk penikatan ekonomi yang ada di Indonesia yang juga terdampak dengan adanya pandemi covid – 19 untuk menuju indonesia yang tangguh dan tumbuh.

Kegiatan Webinar nasional ini dilaksanakan dalam dua kategori yakni Oral Presentation dan presentasi poster hasil penelitian juga pengabdian masyarakat, yang mengacu pada miltidispil ilmu yang diantaranya ilmu Humaniora, Agama, Pendidikan, MIPA, Kesehatan, Ekonomi dan Teknik. Dari hasil – hasil presentasi tersebut nantinya akan diterbitkan dalam sebuah prosiding. Dan disamping itu juga akan diterbitkan di jurnal nasional dengan melalui seleksi yang ketat sehingga akan mendapatkan hasil artikel dan hasil penelitian yang terbaik.

Ketua Panitia Zeminar Eko Yulianto SPDSi MPd menyanpaikan webinar bertujuan menjaring informasi dan pengetahuan dari berbagai pihak berkenaan permasalahan dan solusi yang dihadapi di masa post-Pandemi COVID-19 sehingga mampu mewujudkan Indonesia Tangguh dan Tumbuh. Juga sebagai forum pertemuan antara peneliti dan pengguna hasil-hasil penelitian dalam mendorong kerja sama antar berbagai kalangan, sehingga pemanfaatan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat berjalan optimal.

“Secara lebih detail, webinar ini dibagi atas tujuh bidang utama sebagai berikut: 1. Teknik 2. Ekonomi 3. Kesehatan 4. MIPA 5. Pendidkan 6. Sosial Humaniora & 7.Agama dan lainnya. Kegiata ini diikuti 392 peserta dari 113 institusi, yaitu BALITBANG Sultra, BKKBN, dan Perguruan Tinggi di Indonesia. Peserta terdiri dari 349 presenter dan 43 peserta seminar dari berbagai daerah di Indonesia, baik Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, NTB, NTT, Sulawesi dan Papua” ujar Eko Yulianto. (sgi)

BERITA REKOMENDASI