LSM Jadi Penyelidik, Masyarakat Resah

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL (KRjogja.com) – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) selama ini menurut Kepala Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kendal Farinando RAD Bonay selama ini banyak bertindak sebagai penyelidik. Hal ini dikatakan bukan tanpa alasan, karena banyak laporan yang masuk kepada dirinya dari Kepala SKPD hingga sekolah-sekolah.

"Banyak yang menghubungi saya atas tindakan beberapa LSM jika menjumpai ada penyelewengan namun dilakukan penyelidikan sendiri, dan itu tidak dibenarkan karena wilayah tersebut adalah wilayah kejaksaan dan kepolisisan," ujar Ferry.

Agar LSM kembali kepada tugas dan wewenangnya, maka Kantor Kesbangpol Kabupaten Kendal menggelar acara Sarasehan LSM dan Ormas dengan Forkompimda Kendal. Tiga pembicara Kepala Kejaksaan Negeri Kendal Mustaming, SH, Kepala Kepolisian Resor Kendal AKBP Maulana Hamdan, dan Sekretaris Daerah Kendal Ir. Bambang Dwiyono memberikan wawasan mengenai tanggungjawab dan wewenang LSM agar tidak berbenturan dengan tugas aparat. Dalam sarasehan tersebut Kajari Kendal mengatakan jika ada penyelewengan atau ketidak beresan dalam sebuah kegiatan harus segera melaporkan kepada Kejaksaan atau Kepolisian.

"Silahkan laporkan kepada kami jika menjumpai ada penyelewegan jangan ditindak sendiri karena itu bertentangan dengan aturan," ujar Mustaming.

Pihaknya juga mengatakan jika melaporkan sesuatu jangan melalui surat, akan lebih baik langsung datang dan memberitahukan kepada Kejaksaan. "Kalau melalui surat akan lama, karena selama ini banyak surat yang masuk, namun jika LSM datang dan kami langsung tindaklanjuti sehinga masalah akan cepat selesai," lanjutnya.

Sementara itu Kapolres Kendal mengatakan bahwa saat ini, Kabupaten Kendal akan ada Kawasan Industri Kendal, sehingga banyak kesempatan dan lowongan pekerjaan. "Kesempatan kerja yang sangat banyak ini hendaknya ditangkap sebagai peluang, dan LSM sangat berkesempatan didalamnya, untuk itu kondusifitas Kendal harus kita jaga, karena ini kesempatan besar bagi masyarakat,"ujar Kapolres. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI