LVRI dan Tunas Patria Peringati Hari Pahlawan

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Markas Cabang Legiun Veteran RI (Macab LVRI) Kota Semarang, Selasa (09/11/2021) memberikan penghargaan kepada tujuh Legiun Veteran RI Pejuang Kemerdekaan RI (PKRI) dengan pemasangan Bambu Runcing di atas pusara mereka di Makam Keluarga Besar Brigade XVII Ex TNI / Tentara Pelajar (TP) dan Tempat Pemakaman Umum, Bergota Semarang.

Ketua Macab LVRI Kota Semarang, Kol Inf Purn H Bambang Priyoko SIP mengungkapkan pemberian penmghargaan pemasangan bambu runcing berbendera merah putih merupakan hak setiap veteran pejuang yang dimakamkan di luar Taman Makam Pahlawan. “Hal ini diatur oleh Presiden dan Menteri Pertahanan RI. Sehingga kami hari ini dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November melakukan upacara pemasangan bambu runcing di makam veteran Pejuang Kemerdekaan RI dari Brigade XVII, yakni Detasemen II yang saat perjuangan bermarkas di Surakarta dan Mas TRIP dari Jawa Timur yang dimakamkan di Makam Bergota Semarang,” ungkap Bambang Priyoko.

Menurutnya, sudah sepantasnya kita yang hidup di era kemerdekaan ini menghormati dan meneladani nilai-nilai kejuangan dan perjuangan dari para pendahulu, khususnya pejuang kemerdekaan. “Bagi para anak dan keluarga, saya atas nama pribadi maupun ketua LVRI menyampaikan pengharagaan yang setinggi-tingginya untuk para almarhum. Kiranya harapan kami, keluargaa bisa meneruskan perjuangan dengan menanamkan nilai-nilai kejuagan kepada lingkup keluarga hingga masayarakat. Jangan sampai semangat itu padam dan hilang karena mereka sudah berpulang. Puta-putri atau anak cucu pejuang harus mewarisi nilai-nilai kejuangan, karena ini menjadi bekal pengabdian kepada bangsa dan negara,” lanjut Bambang Priyoko.

Mereka yang makamnya dipancangi Bambu Runcing antara lain Alm Aji Oetomo (De1 1 Mas TRIP), Alm Abdulrachman Affandi (Det 1 Mas TRIP), Alm RA Soepardi Hadiatmadja (Det 2), Alm Soekiran Pratikto (Det 2) dan Alm Oentoeng Yoeseno (Det Mas TRIP), Satu makam yang mengalami penggantian Bambu Runcing karena rusak adalah makam Alm Moch Kurdi (Det 2).

Sementara itu, usai upacara di makam keluarga besar Brigade XVII Tentara Pelajar, kamacab LVRI Kota Semarang juga menggelar upacara pemancangan Bambu Runcing di makam pejuang perempuan Sariyah yang dimakamkan di belakang instalasi pemulasaraan jenasah RS dr Karyadi Semarang, Komplek TPU Bergota.

Prof Dr Ir Vitus Dwi Yunianto MSc, putra Alm RA Soepardi Hadiatmadja pejuang Tentara pelajar dari Detasemen 2 Brigade XVII yang makamnya ikut dipancangi Bambu Runcing menyatakan terima kasihnya kepada Macab LVRI Kota Semarang, dalam hal ini ketuanya Kol Inf Purn H Bambang Priyoko SIP.

“Semangat cinta tanah air dan rela berkorban untuk kejayaan tanah air dengan melepaskan dari belenggu penjajahan menjadi warisan keteladanan yang harus kami jaga. Dan momentum ini adalah sebagai penanda, bhwa kita harus selalu mengenang jasa para pejuang pendahulu agar api perjuangan tidak padam. Meski sekarang dalam kondisi damai, para generasi yang ada kini haris tetap memiliki semangat juang untuk memajukan negeri,” ungkap Vitus. (Cha)

BERITA REKOMENDASI