M Rikza Chamami Doktor ke-193 UIN Walisongo

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com-Dosen Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang yang juga Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang M Rikza Chamani berhasil lulus ujian terbuka (promosi) Doktor Studi Islam Program Pascasarjana UIN Walisongo Semarang. Dirinya tercatat sebagai doktor ke-193 yang diluluskan UIN Walisongo Semarang.

Dengan promotor Prof H Abd Rachman Mas’ud MA PhD dan co-promotor Dr H Ruswan MA, Rikza Chamami berhasil lulus dengan predikat Sangat Memuaskan IPK 3,73. Adapun judul disertasi yang ditulisnya “Pemikiran Pendidikan KH Sholeh Darat Dalam Kitab Minhaju Al-Atqiya’i Fi Syarhi Ma’rifati Al-Azkiya’i Ila Tariqi Al-Auliya’i”. Adapun Dewan penguji terdiri Prof Dr H Imam Taufiq MAg (Rektor/Ketua Sidang), Dr H Muhyar Fanani MAg (Sekretaris Sidang), tiga penguji Prof Dr H Machasin MA, Prof Dr H Abdul Hadi MA, Prof Dr H Abdul Djamil MA dan Dr Rokhmadi MAg.

Menurut pria kelahiran Kudus 20 Maret 1980 dan lulusan S1 serta S2 UIN Walisongo Semarang ini, Kyai Sholeh Darat merupakan kyai yang sangat luar biasa, visioner, serta sangat menjunjung tinggi adat dan budaya nasional (Jawa). Banyak murid atau santrinya yang menjadi manusia hebat seperti KH Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah), KH Hasyim Asyari (pendiri NU), termasuk RA Kartini yang banyak dikisahkan masyarakat termasuk ngaji pada kyai Sholeh Darat.

“Penghormatan dan perhatian pada budaya dan masyarakat kecil (masyarakat Jawa) terlihat dari sekitar 15 kitab yang ditulis Kyai Sholeh Darat maka hanya satu saja kitab yang ditulis dalam full bahasa Arab (baik tafsir maupun lainnya). Sedangkan 14 kitab lainnya ditulis Dalam bahasa Jawa atau tepat nya Arab pegon (Arab Jawa). Tujuannya agar masyarakat awam Jawa tidak kesulitan dan bisa memahami kitab kitab yang ditulisnya” ujar Dr Rizka Chamami, suami dari Yolha Ulfana SPdI dan bapak dari 3 anak ini. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI