Macet Total, Dua Pemudik Dievakuasi Gunakan Helikopter

BATANG,KRJOGJA.com – Peristiwa macetnya pintu keluar tol kembali terjadi, setelah tahun 2016 lalu terjadi di Brexit (Brebes Exit) kali ini terjadi di pintu keluar Tol Gringsing Batang Jawa Tengah. Jalur tol yang belum jadi dan bersifat darurat itu mengalami kemacetan parah. Tingkat emosi yang tinggi karena banyaknya mobil yang terjebak dalam kemacetan menyebabkan terjadi perkelahian. Pemudikpun berteriak minta tolong agar bisa keluar dari jebakan kemacetan panjang yang melelahkan tersebut.

Dengan menggunakan sepeda motor tim dari Basarnas Semarang langsung melakukan evakuasi dan memberikan pertolongan kepada para pemudik yang mulai kelelahan. Seorang ibu hamil dengan sigap di evakuasi oleh tim Sar dengan menggunakan sepeda motor. Sedangkan dua pemudik yang mengalami sakit jantung dan kelelahan dievakuasi menggunakan helikopter milik Basarnas dan dilarikan ke Rumah Sakit di Semarang.

Peristiwa tersebut merupakan simuasi penanganan korban kemacetan di jalan tol yang dilakukan oleh Basarnas Semarang untuk mengantisipasi jika peristiwa Brexit tahun lalu terulang.

Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI Muhammad Syaugi saat meninjau dan menyaksikan jalannya simulasi penanganan korban Exit Tol Gringsing Senin (19/6/2017) mengatakan Basarnas siap membantu petugas dari Kepolisian untuk melakukan pertolongan dan juga evakusi jika ada korban. Basarnas menurunkan 2.000 personel dan semua kelengkapan yang dimiliki seperti armada truk heli juga kapal. Enam helikopter milik Basarnas ditempatkan di enam titik di selirih Indonesia diantaranya di Gringsing, Jakarta. Bali, Surabaya, Medan dan Tanjung Pinang.

"Kami siap membantu total petugas kepolisian dalam memperlancar arus mudik dan balin khususnya jika terjadi kemacetan ataupun kecelakaan sesuai denga tugas kami melakukan pencarian, pertolongan, pemyelamatan dan juga evakuasi,"ujar Syaugi.

Basarnas untuk membantu pengamanan Mudik dan Balik Lebaran 2017 ini menempatkan personel di titik rawan seperti KM 102, KM 106, Brebes Exit (Brexit) dan juga Exit Tol Gringsing. Pihaknya akan bekerja mulaidari H – 10 hingga H +10 ketika jaan bernar-benar lancar dan  normal seperti biasa. (Ung)

BERITA REKOMENDASI