Mahasiswa Demo Suarakan Nasib Petani

Editor: KRjogja/Gus

SALATIGA, KRJOGJA.com – Puluhan mahasiswa Salatiga yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa untuk Demokrasi (SMUD) turun jalan berdemo untuk memperingati hari tani nasional (HTN), Senin (23/09/2019). Mereka menuntut agar reforma agraria berpihak pada petani dan menolak RUU Pertanahan yang hanya merampas dan menyengsarakan petani.

 

Puluhan mahasiswa ini berjalan kaki dari kampus I IAIN jalan Tentara Pelajar dan menyusuri jalan kota. Mereka juga membawa poster yang bertulisakan dukungan terhadap kaum petani. “Petani Menangis di Negeri Agraris’, Mahasiswa berorasi di Bundaran Tamansari Salatiga dan menggelar teatrikal sebagai wujud keperihatinan mereka karena nasib petani belum diperhatikan oleh pemerintah.

Koodinator Aksi Demo SMUD, Mohamad Fatkurahman, mengatakan revisi UUP ini mengesampingkan keadilan bagi petani. Petani masih banyak yang belum mendapatkan jaminan hukum yang kuat. Terbukti kasus yang terjadi di Kebumen. Dari catatan kami, terdapat 1.769 konflik agraria di Indonesia. “Kami menolak revisi UUP, karena tidak menguntungkan rakyat. Revisi UUP cenderung memihak kepada kaum kapitalis,” tandas Fatkurohman. (Sus)

 

 

BERITA REKOMENDASI