Mahasiswa Unissula Juara Nasional Desain Masjid

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com- Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Unissula Semarang Syafaatul Rohman berhasil meraih juara III lomba desain Masjid kampus 3 Universitas Abdurrab Sumatra pekan lalu.

Kepada pers dikampus Unissula Senin (10/1/2022), Syafaatul Rohman menyampaikan juara satu dan dua diraih oleh mahasiswa Universitas Tadulako dan tuan rumah Universitas Abdurrab.

Dirinya memilih konsep limang lawang tajug 99 nur pada desainnya. Menurutnya limang lawang mengisyaratkan rukun Islam yang diimplementasikan melalui 5 pintu gapura, kemudian tajug99 nur diambil dari kultur budaya rumah adat Sumatra, dan ornamen roster asmaul husna.

“Limang lawang bermakna rukun Islam yang diharapkan sebagai reminder bahwa seorang muslim harus tahu kewajibannya. Kemudian tajug 99 nur diambil dari kultur rumah adat Sumatra rumah gadang sehingga jamaah masjid ini tahu sedang di Sumatra, dan gapura yang menyerupai bentuk ornamen eksterior universitas Abdurrab jamaah akan merasa berada di masjid Universitas Abdurrab Sumatra bisa menjadi point of interest kampus Abdurrab.

“Dan ornamen roster asmaulhusna tujuannya selain estetika diharapkan kebesaran Allah SWT bisa menjadikan jamaah lebih menjadi seorang yang bertakwa” ujar nya.

Lebih lanjut menurutnya, mendapatkan juara adalah bonus. Juara itu bonus dalam menyelesaikan pekerjaan. Bahwasanya desainnya dapat diterima dan digunakan secara nyaman, aman, dan indah dipandang.

“Selain itu ketika desain kita benar-benar diwujudkan akan menjadi saksi sejarah pembangunan Indonesia, itu tujuan utama saya,” ungkap mahasiswa semester lima Prodi Teknik Sipil tersebut. (Sgi)

Syafaatul Rohman (foto Ist)

BERITA REKOMENDASI