Mahasiswa Unissula Student Exchangenya ke Belanda

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Inkaana Bi Haqi Mahasiswa Fakultas Teknik Unissula Semarang baru saja menyelesaikan student exchange di Rotterdam University Applied Sciences (RUAS) Belanda.

“Saya mengikuti student exchange ke Rotterdam University Applied Scinces selama 6 bulan. Ini merupakan pengalaman sangat menarik, semoga akan lebih banyak lagi mahasiswa Unissula yang dapat kesempatan student exchange seperti saya”, ujarnya kepada pers, Kamis (17/3).

Saat ditanya biaya selama di sana ia menjelaskan semuanya dibiayai oleh beasiswa Erasmus. Selama ini Unissula khususnya Fakultas Teknik menjalin kerjasama internasional dengan univeristas universitas di berbagai negara sehingga lebih memudahkan dalam proses student exchange.

Sejak awal dirinya sudah merencanakan untuk bisa mengikuti program tersebut. Bahkan waktu itu masih SMA saat melihat brosur Unissula dirinya tertarik dengan fasilitas Unissula yang bisa memfasilitasi mahasiswanya student exchange ke luar negeri. Dirinya bersyukur kesempatan itu bisa diraihnya.

Dirinya kembali dari Belanda akhir Februari lalu. Inkaana bukan satu satunya mahasiswa Unissula yang kuliah di RUAS Belanda karena saat ini ada Natasha Adelia Z, juga dari Teknik Sipil Unissula sedang mengikuti program serupa per Februari 2022 hingga 6 bulan ke depan.

Selain mengirim mahasiswa ke luar negeri Unissula juga menjadi pilihan favorit mahasiswa asing kuliah di Unissula. Pada tahun 2021, tercatat 148 masiswa asing terdaftar di izin belajar Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang ada di Unissula. Mereka berasal dari sejumlah negara di antaranya Filipina, Malaysia, Thailand dan Bangladesh, Belanda, dan Libya. Sementara untuk Januari sampai dengan Febuari 2022 ini, telah tercatat 78 mahasiswa asing yang mengikuti program belajar pendek di Unissula.(Sgi)

BERITA REKOMENDASI