MAJT Dikukuhkan Sebagai Pusat Moderasi Beragama Dunia

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) kini dikukuhkan dunia termasuk negara-negara Eropa sebagai pusat moderasi beragama. Reputasi tersebut menjadikan masjid ini sebagai rujukan banyak negara yang tergabung dalam komunitas Interfaith dan Intercultural Dialogue. Bahkan, koleksi Alquran raksasa yang dimiliki di Ruang Utama Salat, belum lama ini dipamerkan pada Pameran Kebudayaan, di Eropa.

“Kita patut bangga dengan eksistensi MAJT yang masif menyosialisasikan Islam ala Indonesia yang moderat hingga menjadikan masjid ini menjadi pusat moderasi beragama. Predikat tersebut agar dirawat dan dikembangkan,” kata Dr Anwaruddin Ambary, Kepala Bidang Harmonisasi Umat Beragama, pada Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Pusat saat mengunjungi MAJT, Selasa (17/11/2020). Kehadirannya bersama Paulus Tasik Galle, Kasubid Kerukunan Beragama, didampingi Iqna Ul Hayati dan H Mardiyo.

Kunjungan utusan Kemenag Pusat tersebut diterima Sekretaris PP MAJT Drs KH Muhyiddin MAg, didampingi Wakil Sekretaris Drs H Istajib AS, Korbid Bidang Kerja Sama Nanang Nurcholis dan Korbid Humas H Isdiyanto Isman.

Dialog sekitar dua jam untuk menambah khazanah tentang ke-MAJT-an sebagai pusat moderasi beragama dunia. Dari reputasi tersebut Dr Anwarudin menilai wajar bila MAJT ini kian intens menjadi pusat rujukan Islam moderat serta sarat dikunjungi para dubes, parlemen dan tokoh-tokoh dunia karena menjadi pusat moderasi beragama tingkat dunia.

BERITA REKOMENDASI