Mal Pelayanan Publik Kendal Diresmikan

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Salah satu target pencapaian dalam 100 hari pemerintahan Dico Ganinduto dan Windu Suko Basuki adalah Mal Pelayanan Publik (MPP). Keberadaan MPP menurut Dico sesuai dengan salah satu Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu Berkeadilan dimana misi yang ingin dicapai adalah Pemerataan pembangunan berbasis pengembangan wilayah yang ditopang tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, melayani, dan partisipatif.

“Di Mal Pelayanan Pubkik ini semua jenis perizinan dapat dilayani satu atap untuk memangkas birokrasi yang berbelit-belit,” ujar Dico.

Secara bertahap akan ada penyempurnaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dsn semuanya bisa disampaikan melalui ‘Dico Mendengar’. Jumlah instansi yang tergabung dalam MPP Kendal adalah sebanyak 23 instansi yakni enam instansi pusat, 11 instansi daerah, 2 Badan Usaha Milik Negara/Daerah dan 3 instansi swasta. Sementara jenis layanan yang tersedia di MPP Kendal adalah 304 layanan.

Uniknya MPP di Kendal adalah keterlibatan Grab, GoJek dan Tokopedia menjadi salah satu keunggulan MPP Kendal. Kerja sama tersebut dilakukan untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Kendal.

Selain itu MPP juga melayani cetak mandiri yang meliputi cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan layanan lainya dari DPMPTSP yaitu penerbitan surat izin industri rumah tangga, surat izin penelitan dan penerbitan kartu pengawasan trayek.

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. Peresmian dilakukan bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Buoati Kendal Dico Ganinduto, Rabu (02/06/2021).

Menteri Tjahjo Kumolo mengatakan MPP ini merupakan salah satu program cepat 100 helari pemerintahan Bupati Dico dan Wakil Bupati Basuki. “Era sekarang berbeda dengan era masa lalu sebelum ada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati secara langsung, sekarang program visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati merupakan program yang harus dijalankan dan salah satunya adalah MPP,” ujar Tjahjo.

MPP adalah pusatnya pelayanan publik, jadi apabila sudah diresmikan maka tidak ada lagi pelayanan diluar MPP. “Ini pelayanan satu atap jadi semua perijinan ada disini tidak ada ditempat lain,” lanjutnya. (Ung)

BERITA REKOMENDASI