Manfaatkan Embung, Ikan Ditebar Tapi Jangan Diracun

BLORA, KRJOGJA.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah membantu 674 ribu benih ikan kepada petani di Kabupaten Blora. Benih ikan sebanyak itu ditebar di sejumlah embung di daerah itu.

Sekitar 110 ribu ekor sudah kita tebar di embung Desa Purworejo Kecamatan Blora oleh Kepala DKP Jateng Ir Lalu M Syafriadi MM bersama Bupati. Sisanya akan kita tebar di beberapa embung di kecamatan lain seperti embung Rawa Desa Karangjati,” ujar Bupati Djoko Nugroho, Kamis (15/03/2018).

Menurutnya, beberapa embung di Blora, selain untuk membantu kebutuhan air petani pada musim kemarau, embung juga bisa dimanfaatkan untuk pengembangan perikanan air tawar. Tujuannya agar kesejaheraan petani bisa meningkat.
“Saya sudah wanti-wanti kepada petani setempat, setelah ikannya besar jangan dijaring apalagi dijenu (diracun), tetapi cara mengambil ikannya dipancing saja, sekalin lokasi embung bisa dijadikan tempat wisaa yang murah dan meriah,” pintanya didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora Ir Wahyu Agustini SE MSi.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora Ir Wahyu Agustini SE MSi, menjelaskn, bantuan benih ikan tujuannya agar nantinya saat besar bisa dimanfaatkan warga masyarakat sebagai lauk makan sehari-hari. Sehingga tingkat konsumsi ikan oleh masyarakat semakin meningkat. Bantuan tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan gerakan Ayo Makan Ikan yang gencar dilakukan pemerintah. (Tas)

BERITA REKOMENDASI