Manfaatkan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan

Editor: Ivan Aditya

KUDUS, KRJOGJA.com – Pekarangan merupakan lahan terbuka di sekitar rumah. Apabila lahan pekarangan dipelihara dengan baik, maka akan menambah keindahan lingkungan serta bermanfaat bagi penghuni rumah.

“Lahan pekarangan dapat dijadikan sumber untuk ketahanan pangan,” ujar Mawar Hartopo, Wakil Ketua I Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kudus saat gelar sosialisasi pemanfaatan pekarangan di Aula Gedung Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat, Senin (07/10/2019).

Dalam sosialisasi itu, pihaknya mengajak ratusan anggota TP PKK Desa dalam memaksimalkan fungsi lahan pekarangan. Selama ini belum banyak masyarakat yang memanfaatkan pekarangan secara maksimal. Padahal pekarangan rumah sangat bermanfaat jika ditanami tanaman produktif seperti sayuran, buah, apotik hidup dan rempah-rempah.

Pemanfaatan lahan pekarangan juga mendukung program ketahanan pangan nasional dengan memberdayakan potensi pangan lokal pada masing-masing daerah. Selain sebagai sumber pangan bagi keluarga, tanaman buah dan sayur dapat berpotensi menjadi sumber pendapatan keluarga.

Pemanfaatan lahan pekarangan tak hanya sebatas untuk tanaman saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk beternak ikan. Dirinya mengenalkan teknik budidaya ikan Lele dalam ember yang telah dipraktikannya. “Pekarangan tak hanya memberikan sumber pangan nabati, tetapi juga hewani,” katanya. (Trq)

BERITA REKOMENDASI