Mantan Pejuang Kemerdekaan Ini Menangis

SEMARANG (KRjogja.com) – Walikota Semarang Hendrar Prihadi, mantan Walikota Semarang Sutrisno Suharto serta mantan Kepala Badan Pembina Administrasi Veteran & Cacad (Babinminvedcad) Kodam IV Diponegoro, Kolonel Inf Arris Syamsu, Rabu (10/8/2016) menerima Bintang Veteran dariPengurus Pusat Legiun Veteran RI yang disampaikan Ketua Markas daerah LVRI Jateng, Kolonel (Purn) MA Munadjat SIP MSi pada peringatan Hari Veteran 2016 di halaman Museum Mandala Bhakti Semarang.

Suasana haru menyeruak manakala penghargaan veteran diberikan oleh Ketua Mada LVRI Jateng kepada mantan Walikita Semarang Sutrisno Suharto yang dalam kondisi sakit namun tetap hadir bersama Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Tangis Sutrisno Suharto pun pecah di atas kursi roda didampingi istrinya diapir Waliota Semarang dan Kolonel Inf Arris Syamsu yang menunggu giliran dikalungi Bintang Veteran.
Ada hampir 150 Veteran RI dari Perang Kemerdekaan, Pembela Kemerdekaan, Mempertahankan Kemerdekaan dan Perdamaian hadir dalam upacara yang berlangsung sederhana tersebut.

Ketua Markas Daerah LVRI Jawa Tengah Munadjat dalam amanat upacaranya menekankan bahwa para veteran perlu mewariskan secara berkelanjutan jiwa dan semangat juang untuk menjaga keutuhan NKRI kepada para generasi muda.

"Mari kita gelorakan jiwa dan semangat juang 45 guna menangkal tantangan dalam mengawal keutuhan NKRI", ungkap Munadjat.

Sementara Walikota Semarang Hendrar Prihadi merasa terharu mendapatkan penghargaan Bintang Veteran. Selaku Walikota Semarang dia mengaku dirinya tidak bisa lepas dan melupakan jasa para pendahulu yang telah memberikan jiwa dan raganya berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. "Saya minta kita semua tidak melupakan jasa-jasa para veteran, tanpa mereka tentu kondisi kita tak akan seperti sekarang ini. Oleh karena itu kami sangat mengapresiasi semua perjuangan yang telah diberikan selam ini," ucap Hendrar Prihadi. (Cha)

 

BERITA REKOMENDASI