Masjid Jami Salatiga Tak Selenggarakan Salat Jumat

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Masjid Jami Darul Amal Kota Salatiga dan beberapa masjid tidak menyelenggarakan Salat Jumat pada Jumat (27/03/2020) sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Langkah ini dilakukan menyusul antisipasi merebaknya Virus Corona (Covid 19).

Selain itu sebagian besar masjid yang berada di Salatiga juga tidak menyelenggarakan Salat Jumat dan diganti Salat Dhuhur di rumah sesuai waktu Salat Jumat selesai. Hal ini mengacu kepada surat MUI Salatiga.

Takmir masjid Jami Darul Amal Salatiga telah memasang pengumuman tidak menyelenggarakan salat Jumat. Namun demikian juga banyak masjid yang menggelar Salat Jumat terutama masjid yang berada di kawasan dalam tidak di pinggir jalan raya yang bisa dimungkinkan dilewati orang dari luar.

“Kami tidak menyelenggarakan salat Jumat mengacu pada surat MUI Salatiga berkaitan dengan wabah korona iini. Ini langkah kehati-hatian agar selamat dari penyebaran virus covid 19,” ujar Ketua Takmir Masjid Al Muhajirin Perum Domas Kota Salatiga Sumarno (44), Jumat (27/03/2020).

Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris mengungkapkan soal ibadah itu kemantapan hati. “Monggo saja soal ibadah Salat Jumat di tengah situasi seperti ini tergantung kemantapan hati kita masing-masing,” tutur Muh Haris. (Sus)

BERITA TERKAIT