Mau Umur Panjang Seperti Veteran Ini? Berikut Resepnya

NAMANYA Sanjoto, veteran pejuang kemerdekaan Indonesia yang kini usianya 90 tahun dan tinggal di Jalan Belimbing Raya No 34 Peterongan Semarang. Namanya kemudian dikenal seluruh Indonesia sebagai pejuang yang pernah mengamankan rute perjuangan gerilya Panglima Jenderal Soedirman di poros Wonogiri-Ponorogo saat dia berusia belasan tahun dengan pangkat Letnan Muda.

Ini lantaran kisah dia kepada Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo yang iseng mampir saat nyepeda bersama Dandenpom IV/5 Semarang Mayor CPM Okto Femula, Rabu (19/8/2020). Ganjar pun kagum pada Sanjoto yang terlihat masih gesit dan ingatannya tajam. Selain pernah mengawal da mengamankan Panglima Besar Jenderal Soedirman, dia juga pernah menguji Letkol Achmad Yani saat ingin mendapatkan rebues (SIM) militer saat bertugas di Jawa Tengah.

Bahkan Sanjoto mengaku baru setahun ini berhenti olah raga tenis lapangan. Alasannya karena mengikuti saran istri dan anak-anaknya yang khawatir bila terjadi cidera karena faktor usianya. Ditanya resep usianya bisa mencapai 90 tahun, Sanjoto membeberkan semua kiatnya.

“Yang pertama, hidup itu harus bisa menerima keadaan dengan ikhlas, tidak punya gegayuhan macam-macam kalau kondisinya tidak mendukung. Alias hidup jangan sampai punya hutang. Saya menghindari hutang, kalau kepingin sesuatu tapi tak punya uang ya harus nyelengi. Nanti kalau sudah punya uang baru beli yang apa saya mau. Dengan memiliki hutang, kita hidupnya pasti kemrungsung seperti dikejar-kejar karena harus membayar atau melunasi, apalagi saat kondisi tidak punya uang dan harus membayar hutang. Ini akan sangat mempengaruhi kesehatan. Yang kedua, makanan yang kita makan harus sehat dan didapat secara halal. Makanan sehat itu ya antara lain sayur mayur, buah-buahan dan jangan lupa makan ikan,” kata Sanjoto.

BERITA REKOMENDASI