Mendesak, Salatiga Perlu Perwali Wajib Masker

Editor: KRjogja/Gus

SALATIGA, KRJOGJA.com – Ketua DPRD Salatiga, Dance Ishak Palit meminta agar Walikota Salatiga segera menerbitkan Peraturan Walikota (Perwali) tentang wajib memakai masker di Salatiga untuk menekan penularan virus korona.

“Kami mengusulkan karena kondisi mendesak, agar walikota menerbitkan Perwali yang mewajibkan memakai masker bagi warga di Salatiga dan siapapun yang berada di wilayah Salatiga,” tandas Dance Ishak Palit kepada KRjogja.com, Sabtu (06/06/2020).

Alasan Perwali diterbitkan, agar bisa dijadikan payung hukum bagi aparat untuk melakukan tindakan dan sanksi. Sebab, saat ini masih banyak ditemukan warga yang tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah dan di jalan yang bisa terindikasi tertular virus korona.

“Salah satu contoh banyak ditemukan pengguna jalan tak pakai masker saat razia warga di daerah Margosari. Salatiga harus ada aturan tegas soal kedisplinan salam protokol kesehatan khususnya wajib masker,” katanya.

Dance Ishak Palit yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Salatiga menjelaskan saat ini Salatiga masih RO indeks 1,7. Padahal untuk new normal indeknya tingkat penularan di bawah 1. Kedisiplinan warga harus ditingkatakan.

Sementara, jumlah pasien positif di Salatiga sampai Sabtu (6/06/2020) bertambah satu orang menjadi kumulatif 49 orang.”Satu orang positif, ia adalah warga negara Italia yang berada di Salatiga sejak Januari 2020 lalu,” kata Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah, Sabtu (06/06/2020). (Sus)

BERITA REKOMENDASI