Mendidik Warga Binaan, 142 Hektare Lahan Ditanami Jagung

KENDAL, KRJOGJA.com – Lahan seluas 142 hektar milik Kementrian Hukum dan HAM, yang tersebar di 11 lembaga pemasyarakatan yang ada di Indonesia ditanami jagung. Penanaman perdana dilakukan di Lapas Terbuka IIB Kendal Jawa Tengah, Kasubdit Kegiatan Kerja dan Produksi Direktorat Jendral Pemasyarakatan, Kadek Anton Budiharta, yang hadir dalam penanaman itu mengatakan, tujuan penanaman jagung untuk memperkuat ketahanan pangan.

Program ini juga untuk memberi pelatihan bertani kepada warga binaan, sehingga setelah keluar dari Lapas bisa mandiri. “Hasil panen juga akan dinikmati warga binaa, karema mereka yang mengerjakan,” ujar Kadek.

Dia menjelaskan, jumlah keseluruhan tanah milik kementrian Hukum dan HAM, ada sekitar 831 ha.“Bila tanah itu dikelola dengan baik hasilnya, akan luar biasa,” lanjutnya.

Kepala Lapas Terbuka 11B Kendal, Rusdedy, mengatakan jumlah lahan di Lapas Terbuka Kendal, ada 107,5 ha. 7,5 hektar tanah produktif, 53 hektar untuk tambak udang faname, sisanya 15 ha untuk jagung.

“Kami mempunyai peternakan ayam petelur udang fabame dan sapi,” ujar Rusdedy. Jumlah warga binaan di Lapas Terbuka IIB Kendal, ada 18 orang. Mereka diajari bagaimana beternak dan bertani. Dalam kegiatanya warga binaan didampingi oleh petani asli yang kerjasama dengan Lapas Terbuka. (Ung)

BERITA REKOMENDASI