Menggelitik, Poster Larangan Buang Sampah Karya Jurnalis Kendal

Editor: Agus Sigit

KENDAL, KRjogja.com – Musim hujan mulai tiba dan banjir mengancam jika tidak ada uoaya untuk mengantisipasi. Buang sampah sembarangan ke subgai menjadi salah sayu faktor banjir. Sekelompok jurnalis yang tergabung dala JURNAL (Jurnalis Kendal) membuat poster menggelitik yang menghimbau masyarakat tidak membuang samoah sembarangan.

Beberapa diantaranya bertukiskan “Hanya monyet yang buang samoah sembarangan” dan juga “Dilarang biang samoah sembarabgan disini kemarin ada yang kesurupan”.

Poster menggelitik unik dan menarik ini akan dipasang di 100 titik di Kabupaten Kendal, khususnya di lokasi yang bukan merupakan tempat sampah tetapi digunakan warga untuk membuang sampah.

“Kalau imbauan dilarang buang sampah disini sudah biasa, dan biasanya orang cuek dan tetap membuang sampah sembarangan. Tetapi kami dari Jurnal ingin memberikan hal yang unik dan berbeda, yakni dengan memasang poster larangan yang unik,” ujar Slamet Priyatin Ketua Jurnal.

Dikatakan Slamet Priyatin, aksi Jurnal peduli ini didasari banyak lokasi di Kendal yang sebenarnya bukan merupakan tempat sampah tetapi dijadikan warga untuk membuang sampah. Seperti di aliran sungai, kebun kosong ataupun dipinggir jalan.

“Biasanya sungai sering digunakan untuk membuang sampah, atau juga warga yang sengaja membuang dipinggir jalan sehingga warga lainnya mengira itu adalah tempat sampah sehingga banyak yang membuangnya di lokasi tersebut,”lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI