Menyoal Tantangan Besar Universitas-Universitas Islam

SEMARANG,KRJOGJA.com- Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Dr Adian Husaini MSi menjadi narasumber kajian fikih kepemimpinan bertema meneguhkan kembali kampus perjuangan yang dilaksanakan Unissula, Senin (15/2/2021).

Dr Adian mengapresiasi visi pendidikan Indonesia yang dikonsep dengan sangat terperinci, detil dan juga prediksi prediksi tentang masa depan. Namun demikian ia juga mengingatkan bahwa sangat dirinya melihat pendidikan bukan hanya sebagai jalan untuk mendapat pekerjaan tapi lebih dari itu yaitu sebagai sarana atau proses untuk mendidik menjadi insan kamil (insan sempurna).

“Tokoh pendidikan kita Ki Hajar Dewantara telah mengingatkan jauh sebelum kita merdeka dengan mengkritik sistem pendidikan Kolonial yang akan membuat anak anak kita tergantung kepada Barat dan hanya menjadi buruh dalam sistem kapitalisme”, ungkapnya.

Menurut Adian, banyak orang saat ini yang tidak memahami sejarah, bahwasannya untuk masuk universitas di jaman dulu tidak mengharuskan sekolah lebih dulu di tingkat dasar dan menengah karena universitas ada lebih dulu sebelum pendidikan dasar dan menengah.

BERITA REKOMENDASI