Morotorium Pabrik Semen Cegah Kerusakan Lingkungan

SEMARANG (KRjogja.com) – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan, solusi untuk melindungi kerusakan lingkungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa mengeluarkan kebijakan moratorium. Dengan kebijakan moratorium, semua semua izin pendirian pabrik semen baru ditolak.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan hal ini kepada wartawan di Semarang Rabu (03/08/2016), menanggapi adanya pengaduan sejumlah warga Rembang kepada Presiden Jokowi terkait pembangunan pabrik semen di Rembang. Gubernur mengakui pembangunan pabrik semen selalu menjadi sengketa di masyarakat.

"Dengan moratorium otomatis semua ijin pendirian pabrik semen baru akan ditolak. Kalau istana mau, sebenarnya bisa langsung moratorium pabrik semen. Kita pasti dukung untuk menjaga kerusakan lingkungan. Semua ijin pembangunan pabrik semen akan kita batalkan, tidak ada pabrik semen baru," tegas Ganjar Pranowo.

Menurut Gubernur moratorium kelihatannya tidak akan menjadi kebijakan Presiden. Jokowi lebih memilih menjanjikan kajian lingkungan strategis di Kawasan Pegunungan Kendeng. Ganjar mengaku belum paham apa dan bagaimana kajian lingkungan yang dimaksud pihak istana.

"Saya sudah telepon Mas Teten Masduki (Kepala Kantor Staf Kepresidenan). Kajian lingkungan seperti apa, kalau kajian tambang keseluruhan Jateng sudah punya. Saya belum dapat penjelasan pasti, tapi kata beliau pabrik semen Rembang sudah 95 persen berdiri jadi tidak mungkin dibatalkan," katanya. (Bdi)

 

 

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI