MUI Jateng Tak Menerima Pengunduran diri Miftachul Akhyar

SEMARANG, KRJOGJA.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah menyikapi serius informasi terkait permohonan pengunduran diri KH Miftachul Akhyar dari jabatannya sebagai Ketua Umum MUI. Melalui rapat, Jumat (11/3/2022), MUI Jawa Tengah bersikap, tidak menerima permohonan pengunduran diri tersebut dan tetap meminta KH Miftachul Akhyar dipertahankan untuk tetap memimpin MUI hingga masa bakti selesai.

Rapat MUI Jawa Tengah yang dipimpin Ketum Dr KH Ahmad Darodji MSi dan Sekum Drs KH Muhyiddin MAg, dihadiri Ketua Dewan Pertimbangan Drs KH Ali Mufiz MPA, segenap pengurus harian dan ketua komisi, memutuskan hal tersebut.

Selanjutnya, sikap MUI Jawa Tengah dituangkan dalam surat Nomor : A.5/DP P.XIII/SR/III/2021, tertanggal 11 Maret 2022, ditandatangani Ketum Dr KH Ahmad Darodji MSi dan Sekum Drs KH Muhyiddin MAg ditujukan kepada Ketua Umum MUI, di Jakarta.

Argumentasi yang dibangun MUI Jawa Tengah untuk mempertahankan KH Miftachul Akhyar, yang bersangkutan dinilai sebagai sosok dan tokoh yang memiliki integritas keulamaan tinggi, sehingga masih dibutuhkan umat dan bangsa Indonesia.

“MUI Jawa Tengah mengajak semua pihak untuk mempertahankan KH Miftachul Akhyar sebagai Ketua Umum MUI hingga akhir masa jabatan,” tegas Kiai Darodji kepada pers, usai memimpin rapat. Ditegaskan, sikap Jawa Tengah menggunakan diksi tidak menolak, tetapi tidak menerima pengunduran diri beliau.

Menurutnya, bila permohonan mundur Kiai Akhyar diterima, bukan tidak mungkin akan menimbulkan kegaduhan yang disebab pro dan kontra yang muaranya tidak hanya melanda MUI tapi dapat meluas ke berbagai lini. Tentu sikap semacam ini tidak kita kehendaki bersama.

BERITA REKOMENDASI