Munas Alim Ulama PPP Undang Empat Gubernur

Editor: Ary B Prass

Saat pembukaan, PPP memberikan Anies Baswedan sorban dan tasbih. Saat ditanyakan apakah hal itu berkaitan dengan dukungan pada Anies di 2024 nanti? Suharso mengelak. “Ini tahun berapa? Kan masih jauh,” ujarnya.

Jawaban yang sama ia sampaikan saat ditanya perihal adanya wacana dan dukungan dirinya menjadi Calon Wakil Presiden.

Dalam sambutan pembukaan Munas Suharso mengatakan, ulama memiliki peranan besar bagi bangsa ini. Maka PPP memberikan posisi yang tinggi bagi ulama, salah satunya melalui Majelis Syariah di DPP. PPP dan ulama harus turut serta dalam upaya menjaga persatuan. Namun hal itu memang tidak mudah dan butuh upaya dari semua pihak secara bersama-sama.

Gubernur Anies Baswedan yang hadir kali pertama saat pembukaan, dalam paparannya tentang “Membangun Indonesia dari Daerah”, mengatakan, keberagaman atau kebhinekaan adalah sebuah sunnatullah dan takdir Allah. Namun persatuan adalah hasil usaha manusia maka harus terus didorong.

“Bicara keberagaman, India lebih beragam. Afghanistan juga. Papua Nugini memiliki lebih banyak bahasa daripada Indonesia. Tapi yang membedakan, disini (Indonesia) ada persatuan, yakni Bahasa Indonesia, dan persatuan akan terjadi bila ada rasa keadilan,” tegas Anies.

Soal sorban dan tasbih yang diberikan padanya, Anies menyampaikan adalah sebuah kehormatan mendapatkannya dari alim ulama. Ia akan merawat dengan menggunakananya untuk beribadah.

Dalam acara tersebut turut dihadiri Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi, Ketua Majelis Syariah DPP PPP KH Mustofa Aqiel Siroj, Ketua DPD PPP Jateng Masruhan Samsurie. (Bdi)

BERITA REKOMENDASI