Nasib 940 Karyawan PT Tossa Shakti Temui Titik Terang

KENDAL, KRJOGJA.com –  Tuntutan eks karyawan PT Tossa Shakti guna mendapatkan gaji bulanan bulan mei, sisa THR 2018 dan 2019 serta pesangon menuai titik terang. Keinginan 940 mantan karyawan tersebut bakal terpenuhi setelah Bupati Kendal Mirna Annisa melakukan mediasi tri partit dengan Perusahaan. Termasukperwakilan karyawan yang tergabung dalam tim sebelas. 

Bupati Mirna Annisa menemui buruh yang sudah menunggu di depan gerbang perusahaan. Kedatangannya  mendapatkan sambutan hangat dari para buruh PT Tossa Shakti yang sudah bertahan di Perusahaan selama empat hari. Para buruh yang dirumahkan ini berharap bupati bisa menjembatani dengan perusahaan agar tuntutannya dipenuhi. 

Bupati yang awalnya hendak bertemu dengan manajemen dihadang buruh dan turun dari mobil serta berdialog. Bupati berjanji akan memperjuangan hak-hak karyawan yang seharusnya diberikan perusahaan.

"Sudah disepakati untuk gaji bulan Mei akan diberikan kepada karyawan maksimal akhir bulan ini. Sementara untuk kekurangan THR tahun 2018 dibayarkan bulan Agustus dan kekurangan THR tahun 2019 dibayarkan bulan September,” ujar Mirna.

Kendati demikian, kata Bupati karyawan yang dirumahkan menandatangani surat pemutusan hubungan kerja (PHK). “Untuk pesangon akibat dari pemutusan hubungan kerja ini pihak perusahaan berjanji akan memberikannya bulan Oktober secara penuh tidak diangsur seperti yang ditakutkan karyawan,” imbuh bupati.

Direktur PT Tossa Shakti, Gunawan mengatakan karyawan yang akan di putus hubungan kerjanya sebanyak 940 orang. “Perusahaan menyanggupi akan memberikan pesangon secara penuh kepada 940 karyawan di bulan Oktober,”ujar Gunawan. (Ung)

BERITA REKOMENDASI