Ngontel 80 Kilometer, Dandenpom Jelajahi Wisata Semarang

SEMARANG, KRJOGJA.com – Sekitar 300 penghobi sepeda dari berbagai kota di Tanah Air, termasuk Atiqoh istri Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo, Sabtu (10/8/2019) ikuti event "Goes Jelajah Wisata Semarang" yang digelar Komandan Denpom IV/5 Semarang, Mayor CPM Okto Femula. 

Tak tanggung-tanggung, jarak yang ditempuh 80 kilometer keliling dan menghampiri destinasi wisata Kota Semarang.
Start berawal dari markas Denpom IV/5 Semarang di Jalan Pemuda. Ratusan peserta dilepas oleh Danpomdam IV Diponegoro, Kolonel CPM Salidin. Di barisan depan garis start, tampak pula Siti Atiqoh, istri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan beberapa tokoh masyarakat Kota Semarang dan Jateng. 

Dandenpom IV/5 Semarang Mayor CPM Okto Femula selaku penyelenggara menjelaskan kegiatan bersepeda wisata yang didukung oleh Corvelo ini menempuh jarak 80 Km. Sesuai dengan tema, rute yang dilewati merupakan destinasi wisata yang menjadi andalan Kota Semarang. "Jadi, dalam pelaksanaanya para peserta tidak harus cepet-cepetan tapi bersepeda bersama dengan santai sambil menikmati panorama wisata Semarang," jelas Okto Femula sebelum start.

Beberapa tempat wisata yang akan disinggahi para peserta ini antara lain Masjid Kapal Ngaliyan, Waduk Jatibarang, Vihara Watugong depan Markas Kodam IV Diponegoro, kawasan Kota Lama dan kembali ke Jl Pemuda. 

Okto menyatakan pelaksanaan sepeda wisata yang kali pertama digelar oleh Denpom IV/5 Semarang ini bertujuan untuk memoncerkan wisata-wisata Kota Semarang. Sebab, selain pesertanya sebagian dari luar kota seperti Jakarta dan kota-kota lain di Tanah Air, penghobi sepeda ini juga akan memperkenalkan wisata Semarang melalui akun media sosial masing-masing.

"Tentu, kami berharap ke depan wisata Semarang makin dikenal dan semakin banyak didatangi wisatawan," jelas Okto. 

Melihat tingginya animo peserta ini, ia menegaskan kegiatan serupa akan digelar rutin setiap tahun. "Dalam pelaksanaan kali ini pun jumlah peserta kita batasi 300-an peserta, tahun depan mungkin bisa lebih banyak," paparnya.

Danpomdam IV Diponegoro Kolonel CPM Salidin mengatakan, event sepeda wisata bersama ini diharapkan semakin meningkatkan keakraban antarpenghobi sepeda di Kota Semarang. Terlebih, di kota ini penghobi sepeda jumlahnya sangat besar dan banyak terdapat klub-klub sepeda. "Dengan kegiatan ini mereka bisa bersilaturahmi dan meningkatkan keakraban," jelasnya. 

Salidin juga menyatakan event ini merupakan bagian dari kegiatan HUT Polisi Militer (PM) yang ke 73. Terkait dengan hal itu, pihaknya ingin memberi kontribusi bagi kemajuan wisata Kota Semarang salah satunya dengan menggelar sepeda wisata. (Cha)

BERITA REKOMENDASI