Nilai Tolerani Tinggi, Udan Riris Jadi Kampung Pancasila

SEMARANG, KRJOGJA.com – Karena masyarakatnya memiliki nilai toleransi yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari, Kawasan Udan Riris Perumnas Telogosari Semarang dikukuhkan sebagai Kampung Pancasila. Pengukuhan dilakukan oleh Irdam IV Diponegoro, Brigjen TNI Mirza Agus SIP mewakili Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudiyanto di halaman Kampus SD Supriyadi 2, Minggu (27/3/2022) disaksikan Walikota Semarang Dr H Hendrar Prihadi SE MM, Dandim 0733 Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana M.MDS serta Forkompinda dan masyarakat Semarang.

Pengukuhan Kampung Pancasila ini menurut Brigjen TNI Mirza Agus SIP karena perlunya ada lingkungan dan masyarakat yang bisa mencerminan kehidupan ber-Pancasila dan menjadi teladan bagi masyarakat lainnya. “Saya menilai kampung Pancasila ini benar-benar luar biasa, memiliki rumah ibadah yang lengkap dengan penganutnya dan bias hidup berdampingan penuh toleransi,” ungkap Irdam IV Diponegoro.

Sementara Walikota Semarang, Hendrar Prihadi yang hadir juga ikut mengapresiasi serta memimpin pembacaan Ikrar Kesetiaan Mendukung & Membela Pancasila yang diikuti seluruh anggota Forkompinda serta masyarakat yang hadir.

Sebelum digelar pengukuhan, Irdam IV Dipoengoro, Walikota serta tamu undangan menyempatkan meninjau Kampung Pancasila yang berada di Kampung Udan Riris. Ada banyak tembok-tembok perumahan yang bergambar atau dipenuhi gambar-gambar mural bertemakan Pancasila dan ajakan pengamalan Pancasila secara konsisten.

Warga pun menyambut semangat dan gegap gempita. Bahkan rumah-rumah ibadah yang ada seperti Gereja Kristen Jawa Telogosari, Gereja Katolik Udan Riris, Pura Amarta Sari serta Masjid Al Mubarok Udan Riris juga dipenuhi umat menggelar kegiatan penyambutan. Seperti di Masjid Al Mubarok digelar seni rebana dan Pura Amarta Sari menampilkan kesenian tari Bali dan gamelan Bali.

BERITA REKOMENDASI