Oknum Karyawan Bank Bobol ATM

SEMARANG, KRJOGJA.com – Ariangga(33), karyawan bank yang mengurusi Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Kamis (9/1) dijebloskan di balik terali besi Polrestabes Semarang karena disangka membobol uang ratusan juta di Plamongan Indah Semarang yang menjadi tanggung jawabnya.

Penyidik selain menahan Aringga warga jalan Sinar Kencana, Kedungmundu Tembalang Semarang, juga menyita diantaranya dua mobil Honda Mobilio warna Putih Nopol H 8407 AQ dan Honda Brio Abu abu  H 9139 WP, motor Honda Vario biru  H 4829 BGG. Selain itu tas hitam digunakan untuk membawa uang hasil curian, dua buah kaset ATM,ponsel Samsung A50 s beserta dose book dan sisa uang hasil kejahatan 379.000.000.

Waka Polrestabes Semarang AKBP Enriko  mengatakan terungkapnya ulah Aringga berawal dari laporan pihak bank Mandiri. 
Disebutkan anjungan ATM Bank Mandiri Perumahan Plamongan Indah Semarang pada Kamis (2/1) pagi sekitar pukul 03.00 diketahui dibobol penjahat. Pelaku berhasil menguras uang ratusan juta rupiah. totalnya Rp.707.900.000.

Dengan adanya laporan itu Resmob Sat Reskrim Polrestabes Semarang terus bergerak.  Petugas yang mendatangi lokasi kejadian   tidak menemukan bekas jugilan kerusakpada  mesin ATM  yang dibobol. Sebaliknya,, petugas mencurigai keterlibatan orang dalam.  Sebab, pada mesin tidak ada bagian yang rusak akibat  pukulan benda keras maupun congkelan benda tajam. 

Dalam upaya mengungkap misteri menguapnyan uang di dalam mesin  ratusan juta, polisi meminta keterangan beberapa orang karyawan. Dugaan keterlibatan orang semakin kuat  lebih sebelumnya ada rekan kerja tersangka Ari kehilangan kunci mesin ATM yang menjadi tanggung jawabnya. Kasus ini 9 Desember 2019,bulan lalu dilaporkan ke Polsek Candisari Semarang.

Dari keterangan saksi dikuatkan barang bakti, penyilidikan lebih mengerucut. Yang akhirnya ditangkap  Ari, pegawai PT PPBN Mandiri yang  bergerak di bidang perbaikan ATM Bank Mandiri yang mengalami gangguan. Dia semula mengelak membobol uang ratusan juta di dalam mesin ATM Mandiri yang menjadi tanggungjawabnya sendiri. Namun, kedoknya segera terbongkar setelah ia tak mampu memberi alasan asal uang untuk membeli barang barang mewah,termasuk mobil.(Cry)

BERITA REKOMENDASI