Pabrik Pengolahan Karet Terbakar Disambar Petir

Editor: Ivan Aditya

CILACAP, KRJOGJA.com – Diduga tersambar petir, pabrik pengolahan karet RSS Kebun kawung milik BTPN 9 Perkebunan Kawung, Cukangleles Desa Adimulya Kecamatan Wanareja Cilacap terbakar, Rabu (08/12/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Cilacap, Supriyadi mengatakan, awalnya sore itu terjadi hujan deras dan pada saat yang bersamaan terdapat petir yang diperkirakan menyambar ruang Kamar 2A. Setelah itu muncul kepulan asap tebal dari atap ruang tersebut.

Kemudian Sukrisman (44), Mandor Penggilingan melihat ruangan tersebut terbakar sehingga mandor itu berteriak ada kebakaran. Sejumlah karyawan pabrik yang tengah bekerja pun berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri dan sebagian lainnya berupaya memadamkan api kebakaran dengan menggunakan alat pemadam kebakaran yang ada.

Namun demikian karena api semakin membesar sehingga pihak pabrik menghubungi Pos Damkar Majenang guna meminta bantuan. Permintaan bantuan itu direspon dengan mengirim satu regu pemadam kebakaran disusul kemudian datang bantuan dari Pos Damkar Sidareja dan Kota Banjar.

Upaya pemadaman itu memperoleh hasil setelah petugas berjibaku selama dua jam. Api yang membakar bangunan pabrik pengolahan karet itupun padam.

Akibat peristiwa itu, pihak pabri mengalami kerugian ratusan juta rupiah. Terdiri gedung ruang pengasapan yang terbagi 10 kamar, 10 ton sheet (lembar karet mentah) senilai Rp 289.000.000 ludes terbakar. Sedang 4,5 ton sheet (lembar karet) berhasil diselamatkan. (Otu)

BERITA REKOMENDASI