Pandemi, Saatnya UMKM Inovasi

KENDAL, KRJOGJA.com – Pandemi Covid 19 menyerang semua sektor, imbasnya juga sampai pada pelaku UMKM. Untuk bisa bertahan tentu dibutuhkan inovasi dan yang terpenting adalah pelayanan yang sesuai dengan protokol kesehatan. Saat adanya himbauan dirumah saja, tentu para pelaku UMKM juga harus jemput bola dengan mendatangi pembeli.

Hal itu dilakukan oleh Maria Ulfah pelaku UMKM asal Desa Krajan Kulon Kecamatan Kaliwungu yang menggeluti usahanya memproduksi berbagai macam olahan makanan jenis roti dan snack. Usaha yang sudah digelutinya sejak tahun 2014 lalu itu cukup terguncang dengan adanya pandemi.

“Selain inovasi tidak kalah juga diperlukan promosi saat ditengah pandemi seperti ini juga perlu adanya layanan pesan antar ataupun online, dan yang harus ditaati protokol kesehatan,”ujar Ulfa Kamis (12/11)

Dirinya berpesan kepada para pelaku UNKM untuk tetap semangat dab berinovasi agar bisa bertahan. “Untuk pelayanan lewat online saat ini yang banyak dilakukan, jikapun beli langsung, biasanya dibawa pulang,”lanjutnya. (Ung)

BERITA REKOMENDASI