Pangdam Santuni Keturunan Pangeran Diponegoro

SEMARANG, KRJOGJA.com – Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M. beserta rombongan, Sabtu (28/9/2019) berziarah ke makam Pangeran Diponegoro‎ di Makasar. Ziarah dilakukannya memjelang peringatan HUT Ke-69 Kodam IV Diponegoro yang jatuh pada 5 Oktober mendatang.

"Tujuannya ziarah adalah untuk mengenang jasa-jasa beliau dan agar kita semua dapat meneladani prinsip beliau  dalam berbangsa dan bernegara. Dan sesuai dengan namanya, prajurit Kodam IV Diponegoro dapat berperilaku seperti beliau," ungkap Pangdam.

Sebelumnya juga sudah dilakukan beberapa kegiatan diantaranya karya bhakti, donor darah, bedah rumah, pengobatan gratis dan puncaknya nanti akan dilaksanakan upacara di lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman Ambarawa, imbuhnya.

Disoal tentang histori Kodam IV  Diponegoro dengan Pangeran Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi mengungkapkan kalau Pangeran Diponegoro itu merupakan salah satu putra Keraton Yogyakarta yang tidak mengenal menyerah dan tidak mau dijajah. Beliau punya prinsip bahwa akan selalu menjaga harga diri bangsa sehingga beliau rela diasingkan ke Makasar hingga akhir hayatnya. 

Selain berziaran ke makam Pangeran Diponegoro, Pangdam IV/Diponegoro beserta rombongan juga menyempatkan diri bertemu dan memberikan santunan kepada ahli waris Pangeran Diponegoro yang hingga kini menetap di Makasar. (Cha)

BERITA REKOMENDASI